Tips & Trik

Sangat Mudah, Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/New_Baleno.jpg

Kemudahan dalam akses informasi saat ini telah banyak mengalami kemajuan. Salah satu perkembangan teknologi dalam kehidupan sehari-hari juga dapat dirasakan pada metode cek pajak kendaraan bermotor.

Bagi Anda yang belum tahu, ternyata cara mengecek pajak kendaraan bermotor saat ini sangatlah mudah. Penasaran apa saja cara yang dapat Anda gunakan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Pajak Kendaraan Bermotor?

Pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Besar biaya pajak kendaraan bermotor dapat Anda lihat di surat tanda nomor kendaraan atau STNK.

Baca Juga : Panduan Memilih Motor Untuk Berkendara Jarak Jauh

Besar pajak yang dibayarkan oleh masing-masing pemilik kendaraan sendiri berbeda-beda. Perbedaan biaya ini didasarkan atas jenis kendaraan, tahun beli kendaraan, dan lain sebagainya.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Selain mengetahui besaran pajak kendaraan yang dilihat dari STNK, terdapat cara mudah lainnya yang dapat Anda gunakan. Cara ini dapat Anda gunakan apabila pajak kendaraan bermotor dibayarkan secara online.

Meski demikian, Anda tetap bisa menggunakan cara ini namun membayarkan pajak bermotor secara offline di kantor Samsat terdekat. Cara yang dimaksudkan tersebut adalah cara cek pajak kendaraan bermotor secara online.

Baca Juga : Mudik dengan Motor? Ini yang Wajib Dipersiapkan

Cara cek pajak kendaraan online dapat dilakukan dengan mengecek pada situs Samsat di wilayah Anda. Selain informasi mengenai pajak kendaraan bermotor, melalui situs Samsat Anda bisa mendapatkan berbagai informasi bermanfaat lainnya.

Informasi tersebut adalah informasi mengenai besaran biaya pajak yang harus Anda bayarkan. Kemudian melalui situs resmi Samsat wilayah Anda, dapat diketahui pula kapan tanggal jatuh tempo untuk pembayaran pajak kendaraan.

Sayangnya, saat ini belum semua wilayah memiliki situs Samsat yang bisa digunakan untuk mengecek pajak kendaraan yang dibayarkan. Beberapa wilayah masih direncanakan untuk memiliki situs resmi Samsat yang akan mempermudah pelayanan dan informasi terkait kendaraan bermotor.

Baca Juga : Bagian Motor Ini Wajib Diperiksa setelah Touring

121470078_s

Daftar Situs untuk Cek Pajak Kendaraan Online Daerah

  1. Situs Online Cek Pajak Kendaraan Bermotor Wilayah Jawa Barat

Situs online untuk cek pajak kendaraan bermotor salah satunya terdapat di wilayah Jawa Barat. Bagi Anda yang berdomisili di Jawa Barat, hal ini tentu sangat bermanfaat.

Situs layanan resmi oleh Samsat ini dapat dicek melalui laman https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/. Meskipun telah memiliki website resmi Samsat, proses konfirmasi layanan masih dilakukan melalui SMS.

Layanan SMS digunakan untuk mengirimkan informasi pengecekan jumlah pajak kendaraan serta tanggal jatuh tempo pembayaran pajak. Meskipun layanan diberikan melalui pesan singkat seperti SMS, namun untuk pembayaran dapat dilakukan melalui M-banking.

Selain M-banking, Anda pun dapat melakukan transaksi pembayaran melalui SMS banking dan ATM. Intinya, pembayaran bisa dilakukan secara langsung maupun melalui transfer bank.

  1. Situs Online Cek Pajak Kendaraan Bermotor Wilayah Jawa Tengah

Wilayah Jawa Tengah juga menjadi wilayah yang memiliki situs resmi Samsat selain Jawa Barat. Situs ini digunakan sebagai layanan informasi dalam pengecekan pajak kendaraan sekaligus cek plat nomor kendaraan area Jawa Tengah.

Bagi yang belum mengetahui nama situs resmi Samsat area Jawa Tengah, Anda dapat mengaksesnya melalui laman http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.

Untuk Anda yang belum familiar dalam menggunakan layanan cek pajak kendaraan online khusus area Jawa Tengah, berikut ini panduan singkat yang yang dapat diterapkan.

  • Silahkan masuk dalam laman resmi website SAMSAT Jawa Tengah di http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.
  • Setelah berhasil masuk dalam halaman website, silahkan isi plat nomor kendaraan yang ingin Anda cek di kolom yang sudah disediakan, lalu klik keterangan submit.
  • Setelah Anda klik submit, maka akan muncul beberapa angka pada laman website. Angka inilah yang menjadi nominal pajak kendaraan bermotor dan wajib Anda bayar.
  • Yang menjadi catatan adalah nominal pajak yang ditampilkan adalah pajak normal. Artinya, nominal ini belum termasuk nominal pajak kendaraan progresif untuk mobil maupun motor dan belum termasuk nominal untuk denda kendaraan.
  1. Situs Online Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Beberapa Wilayah Lain Indonesia
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya