Tips & Trik

Sangat Mudah, Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

PUBLISHED DATE : 27 Februari 2021

New Baleno

Selain M-banking, Anda pun dapat melakukan transaksi pembayaran melalui SMS banking dan ATM. Intinya, pembayaran bisa dilakukan secara langsung maupun melalui transfer bank.

  1. Situs Online Cek Pajak Kendaraan Bermotor Wilayah Jawa Tengah

Wilayah Jawa Tengah juga menjadi wilayah yang memiliki situs resmi Samsat selain Jawa Barat. Situs ini digunakan sebagai layanan informasi dalam pengecekan pajak kendaraan sekaligus cek plat nomor kendaraan area Jawa Tengah.

Bagi yang belum mengetahui nama situs resmi Samsat area Jawa Tengah, Anda dapat mengaksesnya melalui laman http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.

Untuk Anda yang belum familiar dalam menggunakan layanan cek pajak kendaraan online khusus area Jawa Tengah, berikut ini panduan singkat yang yang dapat diterapkan.

  • Silahkan masuk dalam laman resmi website SAMSAT Jawa Tengah di http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.
  • Setelah berhasil masuk dalam halaman website, silahkan isi plat nomor kendaraan yang ingin Anda cek di kolom yang sudah disediakan, lalu klik keterangan submit.
  • Setelah Anda klik submit, maka akan muncul beberapa angka pada laman website. Angka inilah yang menjadi nominal pajak kendaraan bermotor dan wajib Anda bayar.
  • Yang menjadi catatan adalah nominal pajak yang ditampilkan adalah pajak normal. Artinya, nominal ini belum termasuk nominal pajak kendaraan progresif untuk mobil maupun motor dan belum termasuk nominal untuk denda kendaraan.
  1. Situs Online Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Beberapa Wilayah Lain Indonesia

Jika Anda bertempat tinggal di luar wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat, berikut ini kumpulan beberapa situs resmi Samsat di Indonesia untuk cek pajak kendaraan bermotor online.

Baca Juga : 5 Penyebab Lampu Indikator Engine Menyala

Untuk wilayah Jawa Timur Anda dapat melakukan pengecekan melalui situs https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb. Bagi Anda yang tinggal di DKI Jakarta, silahkan cek melalui https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.

Untuk yang bertempat tinggal di Yogyakarta dapat mengakses melalui http://samsat.jogjaprov.go.id/. Sedangkan untuk wilayah Aceh silahkan akses informasinya melalui situs https://esamsat.acehprov.go.id/.

Selanjutnya, wilayah Riau mempunyai website resmi Samsat yang dapat diakses melalui laman https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/. Kepulauan Riau juga memiliki situs resmi Samsat yang dapat Anda buka pada laman  http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat.

Wilayah terakhir yang memiliki situs resmi Samsat untuk pengecekan pajak kendaraan bermotor adalah wilayah Sulawesi Tengah. Bagi Anda yang berdomisili di Sulawesi Tengah, akses informasi pajak kendaraan bermotor Anda dapat dilihat melalui http://simpator.kaltimprov.go.id/cari.php.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi Resmi Samsat Nasional

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

RPM Mobil

Mengenal Lebih Dalam RPM Mobil

RPM memiliki peranan sentral dalam kendaraan, terutama pada mobil. RPM mobil adalah indikator utama kecepatan dan intensitas kerja mesin, mempengaruhi akselerasi, kecepatan maksimu...

selengkapnya