Tips & Trik

Sangat Mudah, Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

PUBLISHED DATE : 27 Februari 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/New_Baleno.jpg

Jika Anda bertempat tinggal di luar wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat, berikut ini kumpulan beberapa situs resmi Samsat di Indonesia untuk cek pajak kendaraan bermotor online.

Untuk wilayah Jawa Timur Anda dapat melakukan pengecekan melalui situs https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb. Bagi Anda yang tinggal di DKI Jakarta, silahkan cek melalui https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.

Untuk yang bertempat tinggal di Yogyakarta dapat mengakses melalui http://samsat.jogjaprov.go.id/. Sedangkan untuk wilayah Aceh silahkan akses informasinya melalui situs https://esamsat.acehprov.go.id/.

Selanjutnya, wilayah Riau mempunyai website resmi Samsat yang dapat diakses melalui laman https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/. Kepulauan Riau juga memiliki situs resmi Samsat yang dapat Anda buka pada laman  http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat.

Wilayah terakhir yang memiliki situs resmi Samsat untuk pengecekan pajak kendaraan bermotor adalah wilayah Sulawesi Tengah. Bagi Anda yang berdomisili di Sulawesi Tengah, akses informasi pajak kendaraan bermotor Anda dapat dilihat melalui http://simpator.kaltimprov.go.id/cari.php.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi Resmi Samsat Nasional

Selain situs website yang dapat digunakan untuk mengecek pajak kendaraan, terdapat pula aplikasi untuk mengecek hal ini. Aplikasi yang dapat digunakan yaitu aplikasi Samsat online nasional atau e-samsat.

Aplikasi ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang wilayah tempat tinggalnya belum memiliki website resmi Samsat. E-samsat juga mempermudah Anda yang sibuk berkegiatan sehingga tidak sempat datang langsung ke Samsat.

Aplikasi Samsat online nasional atau e-samsat merupakan aplikasi yang dirancang oleh tim pembina Samsat nasional. Platform ini dirancang berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia mengenai pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor.

Untuk menggunakan aplikasi Samsat, pertama Anda harus mengunduh aplikasi ini di Google Play Store. Setelah berhasil diunduh, silahkan Anda masukkan data diri beserta informasi mengenai kendaraan bermotor.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan informasi mengenai besaran pajak kendaraan bermotor. Selain informasi pajak kendaraan bermotor, Anda juga dapat memperoleh informasi Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) kendaraan.

Cara Cek Mutasi Kendaraan Secara Online

Selain melakukan cek pajak kendaraan bermotor, mengecek mutasi kendaraan juga dapat dilakukan secara online. Hal ini akan sangat membantu karena proses mutasi kendaraan biasanya sangat ribet dan memerlukan waktu yang lama.

Apalagi jika kendaraan yang diurus adalah kendaraan baru, dipastikan prosesnya akan lebih sulit. Untungnya, saat ini terdapat cara mengurus mutasi kendaraan secara online. Cara ini sangat menguntungkan untuk efisiensi waktu dan tenaga pemilik kendaraan.

Cara ini dapat Anda lakukan melalui laman di situs resmi Samsat di wilayah tempat tinggal. Selain dapat diurus melalui online, ternyata terdapat biro jasa untuk mengurus mutasi kendaraan.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri masih ada beberapa orang yang nyaman mengurus mutasi kendaraan secara langsung di Samsat. Hal ini tidak jadi masalah karena keputusan untuk mengurus mutasi kendaraan sepenuhnya berada di tangan pemilik kendaraan.

Apabila Anda mengurus mutasi kendaraan secara langsung di Samsat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah cek fisik kendaraan. Setelah melakukan ini, Anda perlu mengikuti prosedur lainnya hingga mendapatkan BPKB yang baru.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya