Tips & Trik

Jelang Musim Hujan, Ini Perlengkapan Berkendara Motor yang Harus Disiapkan

PUBLISHED DATE : 31 Januari 2024

Jelang Musim Hujan Ini Perlengkapan Berkendara Motor Yang Harus Disiapkan

Bagi yang sering melakukan perjalanan menggunakan motor, tentunya harus memiliki perlengkapan berkendara yang komplit. Jika tidak, besar kemungkinan perjalanan menjadi terlambat. Misalnya, terpaksa berteduh karena tidak memiliki jas hujan. 

Sebaliknya, perjalanan akan tetap lancar karena didukung oleh perlengkapan yang memadai. Namun, dikarenakan kondisi bagasi yang kecil membuat Anda harus bijak dalam memilih piranti yang akan dibawa. 

Meskipun demikian, hal ini bisa diatasi dengan membawa tas ransel anti air atau menempatkan box motor. Sebenarnya, apa saja yang harus disiapkan jelang musim hujan agar perjalanan menggunakan motor tetap lancar? Berikut daftarnya. 

Daftar Perlengkapan Berkendara Motor yang Patut Disiapkan Saat Musim Hujan 

Banyak tantangan yang harus dihadapi ketika hujan tiba, seperti jalanan yang licin, visibilitas menjadi terganggu, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, pemilihan piranti yang tepat untuk pengemudi motor akan mendukung keselamatan dan keamanan saat berkendara. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perlengkapan yang harus disiapkan jelang musim hujan bagi pengendara motor. 

  • Jas Hujan

Perlengkapan pertama yang wajib harus dibawa oleh pengendara motor saat musim hujan adalah jas hujan. Dengan alat yang satu ini Anda akan terlindung dari basah akibat hujan sekaligus menjaga kenyamanan saat berkendara. 

Saat ini ada berbagai macam model yang bisa dipertimbangkan. Seperti, jas hujan ponco, ponco tandem, overcoat, setelan/training, jas hujan rok, mantel, jas hujan gamis, hingga jas hujan yang full motor. 

Pemilihan jenis jas hujan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, memilih jas hujan training karena badan lebih terlindungi atau memilih jas hujan jenis ponco tandem buat yang sering membawa penumpang. 

Selain jenisnya, Anda juga harus mempertimbangkan bahan material jas hujan. Parasut menjadi salah satu bahan jas hujan yang paling banyak dicari pengendara motor karena dianggap lebih nyaman saat dipakai, lebih awet dan tidak mudah sobek. 

  • Perlengkapan Anti Air

Selain jas hujan, Anda juga harus menyiapkan beberapa perlengkapan berkendara yang tahan air sebagai perlindungan tambahan, diantaranya adalah: 

  • Helm

Hujan yang deras bisa membuat embun atau kabut muncul di permukaan helm. Ini dikarenakan adanya perbedaan suhu yang terjadi antara udara yang dingin dengan napas Anda. 

Jika dibiarkan begitu saja akan membuat visibilitas menjadi terganggu. Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya siapkan helm yang dilengkapi dengan Anti Fogging Pinlock atau pelindung visor anti-embun. 

Jadi, pastikan visor helm tetap jernih agar pandangan tidak terganggu ketika berkendara saat hujan. Bila perlu, siapkan cairan khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca helm agar tetap jernih setelah terkena hujan deras. 

  • Sepatu

Kaki merupakan bagian yang rentan terkena cipratan air hujan. Itu sebabnya, menggunakan sepatu yang tahan air merupakan hal yang bijak saat musim penghujan tiba. 

Baca Juga : Cara Aman Membonceng Penumpang di Motor Sport

Sepatu jenis ini dirancang untuk menjaga kaki tetap kering dan aman terlindungi. Pilihlah sepatu tahan air dengan jahitan tertutup dan dari bahan yang anti air. 

Jangan lupa untuk memilih ukuran yang pas agar air hujan tidak merembes dan masuk ke bagian dalam sepatu. Alternatif lain untuk melindungi kaki dari air hujan adalah dengan menggunakan pelindung kaki (wiper) yang tahan air. 

Salah satu bahan yang cukup viral adalah pelindung kaki yang terbuat dari karet atau PVC.  .

  • Sarung Tangan

Perlengkapan berkendara berikutnya yang tahan air dan patut Anda miliki adalah sepasang sarung tangan. Carilah sarung tangan yang kedap air agar mampu mencegah air masuk ke bagian dalam sehingga tangan tetap kering. 

Selain itu, sarung tangan tersebut juga tidak licin sehingga bisa mempertahankan cengkeraman pada kontrol stang kendaraan.  

  • Pelapis atau Tas Tahan Air  

Bagi pemilik motor yang melengkapi kendaraanya dengan box motor, bagasi, atau tas pelana, sebaiknya beri perlindungan tambahan berupa pelapis tahan air agar barang bawaan tetap kering. 

Sedangkan bagi yang tidak dilengkapi dengan bagasi, sebaiknya gunakan tas dengan pelapis tahan air. Sebagai upaya pencegahan, ada baiknya untuk menghindari terlalu banyak membawa barang saat musim hujan. 

  • Sarung Penutup Motor

Ada kalanya saat kendaraan tidak digunakan atau diparkir tiba-tiba hujan turun. Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya belilah perlengkapan berkendara berupa sarung penutup motor yang anti air. 

Selain motor terbebas dari hujan dan kelembaban, sarung ini juga berfungsi untuk mencegah rembesan air hujan masuk ke dalam komponen yang penting pada motor Anda. 

Pilihlah sarung penutup motor yang ukurannya pas, terbuat dari bahan berkualitas, serta diberi pengikat sehingga mampu menahan terpaan angin dan hujan.   

  • Rompi Pelindung Hujan

Perlengkapan yang satu ini memang tidak wajib dimiliki namun setidaknya rompi yang tahan air dapat memberikan lapisan pelindung tambahan bagi tubuh Anda dari terpaan angin dan hujan sepanjang perjalanan. 

  • Pakaian Anti Air

Apabila memiliki dana berlebih, tidak ada salahnya jika memiliki pakaian anti air yang memang dirancang secara khusus untuk pengendara motor. 

Seperti halnya rompi, pakaian anti air ini akan memberikan perlindungan ekstra sehingga membuat Anda aman dari terpaan angin dan hujan. 

Hal Lain yang Harus Diperhatikan Bagi Pengendara Motor Jelang Musim Hujan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya