Tips & Trik

Fungsi Valve Spring Compressor & Cara Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/154892141_s.jpg

Valve spring compressor merupakan salah satu alat khusus untuk keperluan service kendaraan yang memiliki fungsi sangat istimewa. Alat ini memiliki peranan penting dalam dunia otomotif serta tidak boleh digunakan secara sembarangan.

Sebelum Anda menggunakan alat ini, maka perlu mempelajari apa itu valve compressor, cara mengoperasikan, serta penjelasan terkait fungsi utamanya.

Simak ulasan berikut ini mengenai pengertian, cara menggunakan, serta fungsi dari special service tools tersebut.

Baca Juga : Mengenal Jenis Asuransi Mobil Yang Cocok Untuk Mobil Mu

Pengertian Valve Compressor

Valve compressor adalah alat sevice spesial yang mempunyai kegunaan tunggal, yaitu untuk memasang dan melepas pengunci katup yang ada pada tapped.

Alat ini digunakan untuk memudahkan proses pelepasan dan pemasangan kunci tersebut supaya bisa lebih cepat.

Baca Juga : Ciptakan Ruang Kerja di Rumah Nyaman Bersama Aksesoris Ini

Secara teknis, terdapat katup pada pegas yang membuat tapped tertekan dengan kuat, sehingga bisa menutup secara sempurna dan sangat rapat.

Oleh sebab itu, diperlukan alat khusus yang dibutuhkan digunakan untuk menekan pegas tersebut agar pengunci pada tapped bisa dilepas dengan mudah.

Setelah katup tersebut bisa dibuka dengan sempurna, maka mekanik baru bisa melanjutkan proses perbaikan.

Baca Juga : Bahaya Menambahkan Kursi Tambahan di Motor untuk Anak

Dalam dunia otomotif, pengunci pada tapped disebut dengan cotton pin yang juga memegang peranan penting agar katup tidak bisa bergeser, sehingga meminimalisir resiko kebocoran.

Cotter pin ini susah untuk dilepas atau dipasang, sehingga posisi Anda harus benar agar komponen tersebut bisa mengunci dengan sempurna. Hal inilah yang nantinya menjadi fungsi valve spring compressor agar bisa memudahkan pekerjaan tersebut.

Valve compressor ini dipilih karena posisi cotter pin yang rawan, sehingga memerlukan alat untuk memasang dan melepas tanpa merusak komponen lain. Untuk bentuk valve compressor sendiri sangat beragam, tergantung pada bagaimana cara penggunaannya.

Namun, hal yang harus dipahami, yaitu prinsip penggunaan alat ini tetap sama meskipun bentuknya berbeda, yaitu menekan pegas pada valve. Pastikan Anda menggunakan alat ini dengan hati-hati agar tidak melakukan kesalahan.

Cara Menggunakan Valve Compressor

74629173_s

Cara menggunakan alat ini agar bisa melepaskan cotter pin sebenarnya cukup sederhana dan mudah.

Namun, Anda harus memahami bagaimana posisi dan tekniknya yang benar ketika menggunakannya. Berikut penjelasan terkait bagaimana cara menggunakan valve spring compressor.

  • Memposisikan Batang Tangkai dengan Benar
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya