Tips & Trik

Fungsi Valve Spring Compressor & Cara Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/154892141_s.jpg

Valve spring compressor merupakan salah satu alat khusus untuk keperluan service kendaraan yang memiliki fungsi sangat istimewa. Alat ini memiliki peranan penting dalam dunia otomotif serta tidak boleh digunakan secara sembarangan.

Sebelum Anda menggunakan alat ini, maka perlu mempelajari apa itu valve compressor, cara mengoperasikan, serta penjelasan terkait fungsi utamanya.

Simak ulasan berikut ini mengenai pengertian, cara menggunakan, serta fungsi dari special service tools tersebut.

Baca Juga : Biar Ga Tekor, Ini Cara Menghemat BBM di Masa Pandemi

Pengertian Valve Compressor

Valve compressor adalah alat sevice spesial yang mempunyai kegunaan tunggal, yaitu untuk memasang dan melepas pengunci katup yang ada pada tapped.

Alat ini digunakan untuk memudahkan proses pelepasan dan pemasangan kunci tersebut supaya bisa lebih cepat.

Baca Juga : 5 Bunyi Mengganggu Pada Mobil Yang Harus Anda Perhatikan

Secara teknis, terdapat katup pada pegas yang membuat tapped tertekan dengan kuat, sehingga bisa menutup secara sempurna dan sangat rapat.

Oleh sebab itu, diperlukan alat khusus yang dibutuhkan digunakan untuk menekan pegas tersebut agar pengunci pada tapped bisa dilepas dengan mudah.

Setelah katup tersebut bisa dibuka dengan sempurna, maka mekanik baru bisa melanjutkan proses perbaikan.

Baca Juga : Sebenarnya Tidak Sulit, Yuk Pahami Pentingnya Safety Riding

Dalam dunia otomotif, pengunci pada tapped disebut dengan cotton pin yang juga memegang peranan penting agar katup tidak bisa bergeser, sehingga meminimalisir resiko kebocoran.

Cotter pin ini susah untuk dilepas atau dipasang, sehingga posisi Anda harus benar agar komponen tersebut bisa mengunci dengan sempurna. Hal inilah yang nantinya menjadi fungsi valve spring compressor agar bisa memudahkan pekerjaan tersebut.

Valve compressor ini dipilih karena posisi cotter pin yang rawan, sehingga memerlukan alat untuk memasang dan melepas tanpa merusak komponen lain. Untuk bentuk valve compressor sendiri sangat beragam, tergantung pada bagaimana cara penggunaannya.

Namun, hal yang harus dipahami, yaitu prinsip penggunaan alat ini tetap sama meskipun bentuknya berbeda, yaitu menekan pegas pada valve. Pastikan Anda menggunakan alat ini dengan hati-hati agar tidak melakukan kesalahan.

Cara Menggunakan Valve Compressor

74629173_s

Cara menggunakan alat ini agar bisa melepaskan cotter pin sebenarnya cukup sederhana dan mudah.

Namun, Anda harus memahami bagaimana posisi dan tekniknya yang benar ketika menggunakannya. Berikut penjelasan terkait bagaimana cara menggunakan valve spring compressor.

  • Memposisikan Batang Tangkai dengan Benar

Pertama, Anda harus mengatur batang tangkai terlebih dahulu agar posisinya benar untuk cotter pin.

Pastikan bahwa bagian tangkai diam karena akan berguna untuk menahan valve agar tidak bergeser ketika nanti Anda harus menekan pegas.

Apabila Anda melakukan kesalahan pada tahap awal ini, nantinya akan lebih kesulitan saat akan melepas cotter pin.

Hal ini karena posisi yang tidak benar akan membuat alat tersebut gampang bergeser, sehingga proses pemasangan dan pelepasan cotter pin membutuhkan waktu yang lama.

  • Menyetel Bagian Tangkai

Tahap selanjutnya, Anda harus menyetel bagian tangkai terlebih dahulu agar mudah digerakkan menyesuaikan dengan kebutuhan. Posisikan bagian tangkai senyaman mungkin agar Anda bisa menggerakannya dengan nyaman.

Tujuan dari penyetelan ini, yaitu ketika posisi bagian tangkai sudah benar, maka nantinya spring bisa ditekan secara sempurna. Cara untuk menyetel alat ini cukup mudah, yakni Anda hanya perlu memaju mundurkan ujung tangkai saja.

Sangat disarankan untuk tidak perlu tergesa-gesa dalam mencari posisi bagian tangkai yang pas agar nantinya valve compressor tidak mudah bergeser saat digunakan.

Di samping itu, posisi yang benar akan membantu Anda untuk melakukan pekerjaan dengan lebih cepat.

  • Menekan Bagian Valve Compressor

Berikutnya, Anda bisa langsung menekan bagian valve compressor agar spring dapat tertekan dengan sempurna. Jika hal ini berhasil, cotter pin akan mudah dipasang atau dilepas karena posisinya sudah pas.

Namun, jika posisinya belum sesuai, maka Anda harus memutar lagi untuk menyetel alat ini supaya bisa menekan spring dengan sempurna. 

Lakukan penyesuaian ini sesuai dengan kebutuhan sampai cotter pin benar-benar memungkinkan untuk dilepas dan dipasang dengan mudah.

  • Melepas dan Memasang Cotter Pin

Setelah beberapa tahapan diatas, kini saatnya untuk melepas dan memasang cotter pin sesuai kebutuhan.

Anda bisa langsung menyetel posisinya agar bisa pas pada katup pengunci yang ada di tapped dengan sempurna.

Jika Anda sedang melakukan pemasangan, maka pastikan bahwa katup tersebut sudah terkunci dengan sempurna. 

Tujuannya tentu saja untuk memastikan bahwa nanti tidak akan terjadi kebocoran pada katup tersebut.

Fungsi Valve Compressor

Sebenarnya apa fungsi valve spring compressor yang utama? Fungsinya pada dasarnya hanya satu, yaitu menekan pegas agar memudahkan ketika ingin memasang dan melepas cotter pin. 

Valve compressor Anda butuhkan karena akan sangat sulit menekan spring pada katup dengan alat lain yang memiliki fungsi khusus.

Letak katup dan cotter pin yang terbilang sulit untuk dieksekusi dengan alat lain membuat Anda harus menggunakan special tools ini.

Valve compressor berguna untuk memudahkan pekerjaan Anda tanpa khawatir akan merusak komponen lain yang ada di sekitar cotter spring.

Jumlah cotter pin yang harus dipasang atau dilepas dengan alat ini sendiri dari dua buah dan terbagi pada masing-masing katup. Alat ini tidak bisa digunakan untuk pekerjaan di luar menangani cotter spring karena dirancang dengan fungsi tunggal.

Ukuran cotter pin yang terbilang sangat kecil membuat Anda harus berhati-hati ketika menggunakan valve compressor. Atur posisi dengan baik dan pastikan bahwa Anda memahami bagaimana cara menggunakan alat ini agar tidak terjadi kesalahan fungsi.

Kelebihan Valve Spring Compressor

Alat ini mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu bisa membantu melepas dan memasang cotter pin dengan efisien. Di samping itu valve compressor juga sangat mudah disesuaikan untuk memberikan tekanan pada pegas agar bisa terbuka dengan sempurna.

Kelebihan lainnya, yaitu ukurannya sudah disesuaikan dengan besar cotter pin, sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak alat dalam satu pekerjaan.

Anda tidak memerlukan kunci lainnya untuk melepas dan memasang komponen pada katup jika sudah memiliki alat ini.

Mudahnya lagi, valve compressor merupakan alat service khusus yang mudah dibawa, sehingga Anda bisa menggunakannya kapan saja ketika dibutuhkan.

Fungsi tunggalnya membuat alat ini bisa bekerja secara khusus, sehingga lebih awet karena tidak perlu bersentuhan dengan komponen lain.

Tips Merawat Valve Spring Compressor

Hal utama yang perlu diperhatikan untuk merawat alat ini, yaitu memastikan bahwa valve compressor tidak mengalami pengaratan.

Oleh sebab itu, simpan alat ini di tempat yang tidak lembab atau tergenang air agar tidak berkarat.

Tujuannya adalah untuk menjaga fungsi valve compressor agar tetap bisa menekan pegas dengan mudah.

Apabila alat ini berkarat dikhawatirkan nanti akan alot, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk memberikan tekanan pada spring.

Valve spring compressor menjadi alat penting yang harus dimiliki saat Anda ingin memasang dan melepas cotter pin dengan mudah. Gunakan dan rawat alat ini dengan cara yang benar supaya bisa membantu pekerjaan Anda agar tetap efisien.

Berita Lainnya