Tips & Trik

Fungsi Valve Spring Compressor & Cara Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/154892141_s.jpg

Jumlah cotter pin yang harus dipasang atau dilepas dengan alat ini sendiri dari dua buah dan terbagi pada masing-masing katup. Alat ini tidak bisa digunakan untuk pekerjaan di luar menangani cotter spring karena dirancang dengan fungsi tunggal.

Ukuran cotter pin yang terbilang sangat kecil membuat Anda harus berhati-hati ketika menggunakan valve compressor. Atur posisi dengan baik dan pastikan bahwa Anda memahami bagaimana cara menggunakan alat ini agar tidak terjadi kesalahan fungsi.

Kelebihan Valve Spring Compressor

Alat ini mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu bisa membantu melepas dan memasang cotter pin dengan efisien. Di samping itu valve compressor juga sangat mudah disesuaikan untuk memberikan tekanan pada pegas agar bisa terbuka dengan sempurna.

Kelebihan lainnya, yaitu ukurannya sudah disesuaikan dengan besar cotter pin, sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak alat dalam satu pekerjaan.

Anda tidak memerlukan kunci lainnya untuk melepas dan memasang komponen pada katup jika sudah memiliki alat ini.

Mudahnya lagi, valve compressor merupakan alat service khusus yang mudah dibawa, sehingga Anda bisa menggunakannya kapan saja ketika dibutuhkan.

Fungsi tunggalnya membuat alat ini bisa bekerja secara khusus, sehingga lebih awet karena tidak perlu bersentuhan dengan komponen lain.

Tips Merawat Valve Spring Compressor

Hal utama yang perlu diperhatikan untuk merawat alat ini, yaitu memastikan bahwa valve compressor tidak mengalami pengaratan.

Oleh sebab itu, simpan alat ini di tempat yang tidak lembab atau tergenang air agar tidak berkarat.

Tujuannya adalah untuk menjaga fungsi valve compressor agar tetap bisa menekan pegas dengan mudah.

Apabila alat ini berkarat dikhawatirkan nanti akan alot, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk memberikan tekanan pada spring.

Valve spring compressor menjadi alat penting yang harus dimiliki saat Anda ingin memasang dan melepas cotter pin dengan mudah. Gunakan dan rawat alat ini dengan cara yang benar supaya bisa membantu pekerjaan Anda agar tetap efisien.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya