Tips & Trik

Fungsi Valve Spring Compressor & Cara Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2021

154892141 S

Secara teknis, terdapat katup pada pegas yang membuat tapped tertekan dengan kuat, sehingga bisa menutup secara sempurna dan sangat rapat.

Oleh sebab itu, diperlukan alat khusus yang dibutuhkan digunakan untuk menekan pegas tersebut agar pengunci pada tapped bisa dilepas dengan mudah.

Setelah katup tersebut bisa dibuka dengan sempurna, maka mekanik baru bisa melanjutkan proses perbaikan.

Dalam dunia otomotif, pengunci pada tapped disebut dengan cotton pin yang juga memegang peranan penting agar katup tidak bisa bergeser, sehingga meminimalisir resiko kebocoran.

Cotter pin ini susah untuk dilepas atau dipasang, sehingga posisi Anda harus benar agar komponen tersebut bisa mengunci dengan sempurna. Hal inilah yang nantinya menjadi fungsi valve spring compressor agar bisa memudahkan pekerjaan tersebut.

Valve compressor ini dipilih karena posisi cotter pin yang rawan, sehingga memerlukan alat untuk memasang dan melepas tanpa merusak komponen lain. Untuk bentuk valve compressor sendiri sangat beragam, tergantung pada bagaimana cara penggunaannya.

Namun, hal yang harus dipahami, yaitu prinsip penggunaan alat ini tetap sama meskipun bentuknya berbeda, yaitu menekan pegas pada valve. Pastikan Anda menggunakan alat ini dengan hati-hati agar tidak melakukan kesalahan.

Cara Menggunakan Valve Compressor

Baca Juga : Tanda-Tanda AC Mobil Sedang Bermasalah

74629173_s

Cara menggunakan alat ini agar bisa melepaskan cotter pin sebenarnya cukup sederhana dan mudah.

Namun, Anda harus memahami bagaimana posisi dan tekniknya yang benar ketika menggunakannya. Berikut penjelasan terkait bagaimana cara menggunakan valve spring compressor.

  • Memposisikan Batang Tangkai dengan Benar

Pertama, Anda harus mengatur batang tangkai terlebih dahulu agar posisinya benar untuk cotter pin.

Pastikan bahwa bagian tangkai diam karena akan berguna untuk menahan valve agar tidak bergeser ketika nanti Anda harus menekan pegas.

Apabila Anda melakukan kesalahan pada tahap awal ini, nantinya akan lebih kesulitan saat akan melepas cotter pin.

Hal ini karena posisi yang tidak benar akan membuat alat tersebut gampang bergeser, sehingga proses pemasangan dan pelepasan cotter pin membutuhkan waktu yang lama.

  • Menyetel Bagian Tangkai
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya