Tips & Trik

Tips Sederhana Agar Jas Hujan Tetap Awet

PUBLISHED DATE : 27 Maret 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/shutterstock_778276549.jpg

Di musim hujan, jas hujan merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Tapi ingat, jas hujan pun harus dirawat dengan baik agar tetap mampu melindungi tubuh dari terpaan air hujan, dan tidak bocor sehingga menyebabkan pakaian kamu basah.

Agar awet dan tetap mampu melindungi tubuh, berikut merupakan tips sederhana merawat jas hujan, seperti dilansir dalam detik.com.

Pilih Jas Hujan Berkualitas

Baca Juga : Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Ada banyak merek jas hujan yang bisa kamu pilih, dari mulai yang biasa hingga merek terkenal dengan harga yang cukup mahal. Meskipun lebih mahal, memilih jas hujan dengan kualitas terbaik harus jadi prioritas karena sangat menentukan usia pakainya.

Jas hujan berkualitas tinggi pun umumnya terbuat dari bahan pilihan yang elastis, ringan, tidak mudah robek dan memiliki resleting berkualitas tinggi.

Jangan Langsung Dilipat

Baca Juga : Perhatikan Gaya Berkendara Pada Jalanan Dengan Medan Ekstrem

Setelah digunakan, kebanyakan orang akan langsung melipat jas hujan, dan menyimpannya di bagasi sepeda motor. Padahal, cara perawatan ini kurang baik dan bisa menyebabkan jas hujan cepat rusak. Selain itu, jas hujan pun bisa ditumbuhi bakteri dan menyebabkan masalah kulit.

Perawatan terbaik, setelah digunakan jas hujan sebaiknya digantung dulu hingga kering. Setelah kering, baru jas hujan bisa dilipat dan disimpan di tempat yang aman.

Jangan Dijemur

Baca Juga : Cara Memilih Sepeda Motor Sesuai Dengan Kebutuhan Dan Kepribadian Anda

Menjemur jas hujan di bawah terik matahari memang lebih cepat membuat jas hujan kering. Tapi sayang, cara perawatan ini malah berisiko menyebabkan jas hujan cepat rusak. Paparan sinar matahari akan merusak elastisitas jas hujan, dan membuat serat bahannya rapuh dan mudah sobek.

Solusinya sama seperti yang diatas, jas hujan bisa digantung dulu di tempat kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung (diangin-anginkan), kemudian lipat setelah kering.

Jangan Terlalu Lama Disimpan di Bagasi

Jas hujan sebaiknya jangan disimpan terlalu lama di dalam bagasi. Udara panas dalam bagasi malah akan membuat jas hujan cepat rusak dan mudah sobek. Jika tidak digunakan, jas hujan sebaiknya disimpan di dalam ruangan dengan suhu normal.

Cara membawa jas hujan terbaik adalah, sebelum berangkat masukkan jas hujan ke dalam tas. Jas hujan bisa disimpan dalam bagasi saat motor sedang diparkir saja.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tips_Pintar_Memilih_Jaket_Riding.png

Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Jaket merupakan salah satu perlengkapan safety riding yang posisinya hampir sama dengan helm dan aksesoris keselamatan lainnya. Selain menahan sergapan angin selama berkendara, jak...

selengkapnya