Tips & Trik

Ingin kredit Mobil? Ketahui Apa Itu DP dan Keuntungannya

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/suzuki_1_(2).jpg

Apakah Anda mengetahui apa itu DP? DP merupakan pembayaran uang dimuka pada transaksi pembelian barang seperti rumah, kendaraan dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat mengetahui banyak hal mengenai DP dalam penjelasan di bawah ini

Pengertian DP

Pengertian DP atau down payment dalam dunia ekonomi diartikan sebagai pembayaran uang muka di awal dalam persentase tertentu dari harga total barang. DP berbeda dengan pinjaman. Hal ini karena sistem DP berbeda dengan sistem pinjaman di Bank, koperasi dan sejenisnya.

Pemberian uang muka dalam sistem DP pada dasarnya bisa bervariasi. Variasi pemberian nominal DP didasarkan atas barang yang di ambil. Apabila melakukan pembelian kendaraan seperti mobil misalnya, maka DP yang perlu diberikan adalah 20% dari harga total.

Baca Juga : Apa itu WFH dan Tips Kerja di Rumah Efisien

Misalnya, ingin melakukan pembelian mobil dengan harga 100 juta, maka DP yang harus disiapkan jika dihitung dari 20% nya adalah 20 juta, agar Anda bisa membawa pulang mobil impian. Meski begitu, besarnya persentase DP bisa berubah sesuai dengan kebijakan penjualan.

Tidak jarang pihak penjual menarik biaya DP sebesar 25% untuk kendaraan seperti mobil. Pemberian DP merupakan bukti yang menunjukkan komitmen pembeli sekaligus meningkatkan kepercayaan bagi pihak penjual.

Berapa Angsuran DP Yang Harus Dibayarkan?

Angsuran DP yang harus dibayarkan oleh masing-masing pengguna kredit berbeda-beda dan ditentukan dari besaran nominal DP yang diberikan. Apabila di awal pembelian kendaraan bermotor Anda memberikan DP dengan nominal yang besar, maka akan mendapatkan cicilan yang kecil.

Baca Juga : Wajib Tahu! Cara Membedakan Suku Cadang Asli Dan Palsu

Berbeda lagi jika Anda melakukan pembayaran di awal dengan jumlah yang kecil, maka besaran angsuran yang harus dibayarkan untuk setiap bulannya akan lebih besar. Antara kedua model angsuran ini dapat Anda sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan masing-masing.

Keuntungan Penggunaan Down Payment Dalam Jumlah Besar

suzuki_1__1_

Sebagai salah satu alternatif pembiayaan serta peminjaman, penggunaan DP dapat memberikan banyak keuntungan. Keuntungan ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu keuntungan memberikan DP dalam jumlah yang banyak dan memberikan DP dalam jumlah kecil.

Baca Juga : Efek Buruk Ketika Anda Lupa Mengganti Cairan Rem

Keuntungan ketika Anda memberikan DP dalam jumlah yang besar yang pertama adalah mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah. Ketika Anda membayar DP dengan nominal yang besar maka semakin kecil pula suku bunga yang harus dibayarkan.

Selain itu, apabila Anda memberikan DP besar, otomatis dari pihak penjual akan menaruh kepercayaan kepada lebih, sehingga risiko sebagai kreditur juga akan berkurang. Keuntungan lainnya selain di atas dalam pembayaran DP nominal besar dapat Anda ketahui dalam uraian berikut.

  • Mendapatkan Pembayaran Bulanan Yang Kecil

Penggunaan DP yang besar akan menjadikan pembayaran atau angsuran bulanan menjadi kecil. Biaya angsuran yang kecil juga dapat mengurangi beban tanggungan dari pembeli. Artinya disini adalah, pemberian DP besar tidak merugikan dan menawarkan keringanan cukup besar.

  • Mempunyai Peluang Mendapatkan Pinjaman di Masa Yang Akan Datang

Saat Anda memberikan DP dalam jumlah yang besar maka tanggungan bulanan Anda juga akan semakin kecil.  Ketika Anda mendapatkan tanggungan yang kecil, maka sebagai pihak pembeli Anda akan lebih mudah untuk melakukan pelunasan.

Ketika proses pelunasan berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal, maka pihak pemberi pinjaman juga akan merasa senang. Pada akhirnya, Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan kredit kembali di lain waktu dari pihak kreditur.

Keuntungan Penggunaan Down Payment Dalam Jumlah Kecil

Selanjutnya, keuntungan ketika Anda membayarkan DP dalam jumlah yang kecil di awal pembayaran dapat Anda ketahui dalam poin-poin berikut.

  • Dapat Melakukan Pembelian Dengan Lebih Cepat

Anda yang melakukan pembayaran DP nominal kecil di awal pembelian akan mendapatkan keuntungan berupa memangkas waktu menabung dan memiliki barang secepat mungkin.

Misalnya saja untuk membeli sebuah mobil, bisa jadi Anda harus menabung berpuluh tahun.  Namun, dengan memanfaatkan DP nominal kecil di awal, maka Anda dapat melakukan proses pembelian dengan lebih cepat.

  • Mempunyai Cadangan Uang Darurat
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya