Tips & Trik

Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil, Gunakan Teknik Ini Agar Aman

PUBLISHED DATE : 12 Mei 2023

Putar Balik Mobil

 

  • Teknik Putar Balik Mobil U-Turn

 

Teknik yang kedua dikenal dengan nama U-Turn. Dibandingkan dengan teknik Three-Point Turn, ini merupakan teknik memutar balikkan kendaraan dengan cara yang lebih mudah. Hal ini dikarenakan pengendara dapat memutar kendaraan dengan langsung.

Anda dapat menggunakan teknik ini saat ingin memutar kendaraan ke jalur yang berlawanan dengan arah datangnya kendaraan Anda.

Untuk dapat melakukan manuver putar balik mobil ini, Anda harus memposisikan kendaraan ke pembatas jalan. Setelah itu, atur transmisi ke gigi pertama. Perlu diperhatikan, jangan terburu-buru saat Anda menginjak pedal gas.

Beri jeda beberapa detik pada mesin dengan menginjak pedal rem dan kopling. Baru setelah itu lakukan kembali kendaraan Anda saat kondisi sudah aman untuk dilintasi. Lepas rem pelan-pelan, kemudian belokkan kemudi dengan benar.

Perhatikan detail kecil di sekitar Anda, misalnya apakah ada sepeda, pejalan kaki, pengendara mobil lainnya dan motor yang melintas di jalur tersebut. Cara berputar balik yang benar pasti tidak akan mendatangkan kecelakaan, baik bagi Anda atau pun bagi pengendara lainnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Memutar Balikkan Mobil

Baca Juga : Risiko Mematikan Motor dengan Standar Samping

putar_balik

Seperti yang disinggung di atas, menguasai teknik memutar balik kendaraan adalah bagian dari skill berkendara yang wajib dikuasai oleh seorang pengendara mobil. Namun, selain itu, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan saat Anda akan melakukan manuver ini.

Di bawah ini akan dipaparkan poin-poin yang harus Anda perhatikan. Mari simak pemaparan lebih lengkapnya di sini.

 

  • Perhatikan Rambu Putar Balik

 

Saat Anda terdesak urgensi dan harus memutar balik kendaraan, perhatikan terlebih dahulu apakah jalur yang Anda lalui itu memperbolehkan pengendara untuk putar balik mobil atau tidak.

Apabila ada rambu yang menyatakan larangan, sebaliknya cari jalur yang diperbolehkan. Patuhi peraturan lalu lintas!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya