Tips & Trik

Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil, Gunakan Teknik Ini Agar Aman

PUBLISHED DATE : 12 Mei 2023

Putar Balik Mobil

Selain itu pula, saat memutar balik kendaraan, seorang pengendara harus berkonsentrasi penuh dan memperhatikan kendaraan di sekitarnya. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi kejadian buruk menimpa siapa pun.

Cara Putar Balik Mobil yang Benar

Secara garis besar, terdapat dua teknik yang dilakukan oleh para pengendara saat memutar mobilnya. Keduanya mempunyai teknik yang berbeda dan dipengaruhi oleh kondisi medan yang dilalui. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

 

  • Teknik Three Point Turn

 

Teknik yang pertama, yaitu Three-Point Turn. Teknik ini biasa digunakan oleh pengendara yang ingin memutar arah di jalanan sempit. Selain itu, teknik ini juga banyak dilakukan oleh mereka yang kesulitan memutar balik kendaraannya secara langsung.

Teknik satu ini juga disebut dengan tiga titik penghentian. Hal ini disebabkan karena seorang pengendara tidak mendapatkan ruang yang besar untuk melakukan perputaran arah kendaraan. Selain karena sempit, bisa juga karena posisi kendaraan yang tidak strategis.

Selain dikenal dengan nama teknik Three-Point Turn, teknik putar balik mobil ini juga dikenal dengan nama Broken U-Turn, Y-Turn, dan K-Turn.

Baca Juga : Ketahui, Ini Macam Macam Alat Ukur Mekanik & Fungsinya

Menguasai teknik Three-Point Turn merupakan salah satu skill dasar dalam mengemudi. Hal ini disebabkan karena tidak semua medan jalan yang dilalui adalah ruang kosong yang luas atau lapang.

Jika Anda akan melakukan teknik ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah menempatkan kendaraan di sisi paling luar dari jalur. Ini dilakukan agar Anda mendapatkan ruang yang lebih leluasa saat bermanuver dengan teknik ini.

Sebelum melakukan penghentian mobil, pastikan terlebih dahulu kondisi sekitar. Lihat kaca spion mobil Anda apakah ada kendaraan lain yang sedang menuju ke arah Anda atau bisa jadi Anda menghalangi kendaraan orang lain.

Dalam melakukan cara putar balik mobil ini, pengendara dituntut untuk mengemudikan kendaraan mereka maju dan mundur beberapa kali. Saat melakukan teknik ini, pengendara harus memposisikan tuas transmisi pada titik gigi pertama.

Setelah itu, putar kemudi berkebalikan dari posisi mobil. Misalnya seperti ini, ibaratkan mobil ada di jalur sebelah kiri, maka putar kemudi ke arah kanan. Kemudian, injak gas berbarengan dengan memutar kemudi ke arah kanan.

Setelah itu, atur lagi tuas transmisi gigi untuk mundur. Saat selesai, injak pedal gas sambil membelokkan kemudi ke arah kiri. Atur lagi transmisi pada gigi pertama, injak gas, lalu belokan kemudi ke arah kanan. Dalam memutar kemudinya, pengendara dapat gunakan teknik hand to hand.

Perlu Anda ketahui bahwa cara putar balik mobil ini hanya bisa dilakukan saat Anda benar-benar membutuhkan. Jika kondisi dan situasinya lain, sebaiknya gunakan teknik lain yang lebih praktis dan efisien.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Busi Motor2

Tips Merawat Busi Motor

Merawat busi motor adalah salah satu rutinitas berkala yang wajib Anda lakukan, sebab peran busi pada motor krusial untuk menjaga performa mesin tetap stabil. Jika Anda menggunakan...

selengkapnya