Tips & Trik

Jangan Langsung Gunakan Aki Baru! Ini Alasannya

PUBLISHED DATE : 08 Juli 2023

Aki Baru

Kalau sudah sesuai, tekan botol cairan elektrolit tersebut ke bawah hingga segel perak pada botol tersebut jadi robek. Nantinya cairan elektrolit akan turun dan mengalir ke dalam tempat aki yang disertai dengan gelembung udara di dalam botol.

 

  • Mengecek Cairan Elektrolit

 

Proses pengisian cairan elektrolit ke dalam aki baru umumnya berlangsung selama 20 menit – 30 menit.  Selama proses ini, anda perlu memastikan bahwa memang terdapat gelembung udara yang terbentuk.

Apabila tidak ada gelembung udara, Anda bisa mengakalinya dengan mengetuk bagian bawah botol menggunakan jari kira-kira 2-3 kali. Hindari mengangkat botol cairan elektrolit sebelum proses pengisian selesai.

 

  • Melepaskan Botol Cairan Elektrolit

 

Ketika cairan elektrolit sudah semuanya keluar dari botol dan masuk ke dalam aki, Anda bisa melepas botol.

Cara memeriksa apakah cairan elektrolit di dalam botol sudah tidak bersisa, yaitu Anda bisa mengetuk bagian bawah botol menggunakan jari beberapa kali.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Batas Kecepatan di Jalan Tol

 

  • Menutup Aki

 

Ketika proses pengisian cairan elektrolit sudah selesai, Anda bisa langsung menutup aki dengan menggunakan tutup botol milik cairan elektrolit.

Pastikan Anda sudah menutup akui dengan rapat. Cara yang bisa dilakukan, yaitu tekan ke bawah tutup tersebut dengan menggunakan tangan. 

Ketika aki sudah ditutup, Anda tidak disarankan untuk membuka kembali tutupnya terlebih lagi menambah cairan lagi ke dalam aki,

Demikianlah proses atau langkah-langkah yang biasanya harus dilakukan ketika hendak melakukan pengisian awal cairan elektrolit pada jenis aki kering yang kondisinya masih baru.

Apabila kendaraan Anda mengalami masalah ketika sedang melakukan pemasangan aki baru atau permasalahan lainnya, Anda bisa membawanya ke bengkel Suzuki. 

Informasi lengkap apabila Anda ingin melakukan konsultasi atau pemesanan layanan servis di bengkel Suzuki bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi tautan berikut. https://www.suzuki.co.id/eparts

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Mobil Tua

Tips agar Mobil Tua Tetap Tangguh

Mobil tua membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan prima, serta tetap bisa beroperasi dengan baik di jalan. Dengan mengikuti tips perawatan yang tepat, kendaraan kesayangan...

selengkapnya