Tips & Trik

Jangan Langsung Gunakan Aki Baru! Ini Alasannya

PUBLISHED DATE : 08 Juli 2023

Aki Baru

Mengapa aki yang dalam kondisi baru tersebut sebaiknya tidak langsung dipakai? Hal ini disebabkan karena aki yang baru dibeli kemungkinan besar sudah disimpan dalam waktu lama di toko tempat Anda membelinya sebelum laku terjual.

Dengan kondisi tersebut, maka kemungkinan pengisian listriknya sudah berkurang alias mengalami penurunan.

Dengan alasan tersebut, maka sangat disarankan bahwa sebaiknya setelah membeli aki, meski dalam kondisi baru, aki harus diisi ulang terlebih dahulu sebelum digunakan.

Pengisian ulang aki ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi dari aki itu sendiri dan yang utama, yaitu mengisi ulang listriknya.

Setelah mengetahui bahwa pengisian aki sudah terisi penuh, barulah aki yang baru tersebut bisa dipasang ke sepeda motor.

Pengaruh Pengisian Awal Aki Baru Terhadap Masa Pakai dan Kinerja Aki

Setelah mengetahui bahwa aki yang dalam kondisi baru sebaiknya tidak dipasang langsung ke sepeda motor, pada poin ini akan dibahas tentang pengaruh pengisian awal aki yang masih baru tersebut terhadap masa pakai dan kinerja aki nantinya.

Jadi, pengisian ulang aki sebelum digunakan ini selain bertujuan untuk mengetahui kondisi aki dan mengisi ulang listriknya juga ternyata bisa membuat masa pakai aki menjadi lebih tahan lama alias lebih awet.

Sementara apabila aki yang kondisinya sudah buruk kemudian langsung dipasang dalam artian langsung dibebankan terhadap permintaan listrik yang banyak, hal ini hanya akan membuat aki menjadi gampang rusak dan masa pakainya hanya sebentar saja.

Baca Juga : Jangan Sembarangan Ganti Kaca Spion Motor! Ini Alasannya

Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa pengisian awal aki yang masih baru itu memberikan pengaruh terhadap kinerja aki yang kemudian mempengaruhi juga lamanya masa pakai aki tersebut.

Untuk itu, bisa dipastikan bahwa mengisi ulang aki yang masih baru sebelum digunakan itu sangat penting apabila Anda ingin aki yang baru Anda beli tersebut memiliki performa bagus dan umur pakainya panjang.

pengisian aki baru

Pixabay

Cara Melakukan Pengisian Awal Aki Baru yang Tepat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa untuk jenis aki kering yang masih memanfaatkan cairan elektrolit dan aki basah yang air akinya tidak langsung dipasang, ada baiknya tidak langsung digunakan.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena diperlukannya pengisian cairan elektrolit ke dalam aki yang masih baru tersebut terlebih dahulu. Biasanya cairan elektrolit ini sudah disediakan oleh pihak produsen aki. 

Apabila sudah dilakukan pengisian cairan elektrolit, aki yang baru tersebut juga perlu menunggu beberapa saat sebelum dipasang ke sepeda motor.

Umumnya, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendiamkan aku sebelum nantinya dipasang dan digunakan, yaitu kurang lebih dalam tentang 20-30 menit.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Mengisi Bensin

Hati-Hati! Ini Dampak Bensin Basi

Apakah bensin bisa basi? Ya, ternyata bensin juga bisa basi atau kadaluarsa. Namun, yang dimaksud bensin basi tentu berbeda dengan definisi basi pada makanan atau minuman. Salah sa...

selengkapnya