Tips & Trik

9 Komponen Rem Tromol Sepeda Motor dan Fungsinya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/rem_tromol.jpg

Rem tromol merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang berperan sangat penting dalam sistem pengereman. Supaya Anda lebih jelas memahami apa itu rem tromol, berikut penjelasan fungsi dan cara kerjanya. Selain itu, beberapa komponen rem tromol juga akan dibahas.

Rem tromol dikenal dengan istilah brake drum. Kebanyakan rem tromol dipakai untuk kendaraan sepeda motor.

Sedangkan untuk mobil tidak semuanya menggunakan rem tromol. Pada umumnya rem tromol terletak pada bagian roda belakang. Sebab itu digunakan untuk pengereman belakang.

Fungsi Rem Tromol

Baca Juga : Punya Motor Matik Suzuki? Jangan Malas Servis Sistem CVT-nya Ya!

Sebelum masuk pada pembahasan komponen rem tromol motor, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu apa sebenarnya fungsi dari sistem pengereman tersebut. Keberadaan rem pada sebuah kendaraan memungkinkan pengemudinya untuk mengatur laju kendaraan yang dikendarainya.

Secara umum, rem tromol berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan sehingga dapat berhenti secara halus dan tidak mendatangkan bahaya bagi pengendara. 

Rem tromol pada motor biasanya digunakan untuk melakukan pengereman belakang. Ini berbeda dengan rem tromol yang ada pada mobil.

Baca Juga : Lampu Kolong Motor : Pengertian, Fungsi dan Cara Pasangnya

Sebenarnya mobil sekarang ini sudah marak beralih ke pengereman hidrolik. Namun masih ada juga yang menggunakan rem tromol seperti mobil jenis hatchback dan MPV.

Rem tromol pada mobil umumnya juga digunakan untuk membantu memarkirkan kendaraan. Tujuannya adalah untuk menahan mobil tersebut agar tetap dalam keadaan diam saat berada di tempat yang permukaannya tidak rata, sehingga tidak akan tergelincir saat parkir di jalan menurun.

rem_tromol_motor

Komponen Rem Tromol

Baca Juga : Manfaat Pembilasan Oli pada Motor yang Terendam Banjir

Komponen yang ada pada rem tromol akan membantu sistem pengereman tersebut sehingga dapat bekerja dengan baik. Lalu apa saja komponen-komponen yang dimaksud? Berikut uraiannya.

  • Brake Drum

Brake drum merupakan bagian rem tromol yang bertekstur keras karena bahan pembuatnya adalah baja tuang. Bentuknya seperti drum atau tabung. Komponen rem tromol tersebut memiliki fungsi menjadi media gesekan kampas rem ketika pengereman terjadi.

Hal tersebut akan menyebabkan laju kendaraan akan berkurang dan perlahan motor akan berhenti. Komponen yang satu ini letaknya di bagian tengah roda kendaraan. Tromol rem atau brake drum terbuat dari material padat dan tahan terhadap hawa panas.

Oleh karena itu, saat tromol dan kampas rem mengalami gesekan, laju roda akan mengalami pengurangan hingga akhirnya berhenti secara halus dan perlahan.

  • Brake Lining

Brake lining merupakan komponen yang dimiliki rem tromol di mana fungsinya adalah sebagai media bergeseknya tromol rem. Selama pengereman terjadi, kampas semakin lama akan menipis. Oleh karena itu, kampas harus dicek secara berkala agar rem dapat bekerja secara optimal.

Lamanya penggantian kampas sangat bergantung pada ketahanan dan bahan yang digunakan untuk menyusunnya. Kampas rem biasanya dibuat dari bahan yang memiliki tekstur lebih lunak namun tetap bisa melakukan gesekan. 

  • Brake Shoe

Brake shoe bisa dibilang sebagai sepatu rem yang gunanya sebagai tempat kampas. Kampas yang terdapat pada rem tromol berbeda dengan kampas piringan. Kampas tromol bentuknya persegi panjang yang sedikit melengkung.

Brake shoe pada umumnya bisa dibeli beserta dengan kampasnya sekalian. Dengan demikian jika kampas menipis dan harus diganti, penggantian juga dilakukan beserta brake shoenya. Berbeda dengan rem tromol yang dimiliki bus.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya