Tips & Trik

Hilang BPKB? Tenang, Begini Cara Mengurusnya

PUBLISHED DATE : 04 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/7__xl7_(1).jpg

Apabila syarat yang Anda ajukan masih kurang, maka pengajuan pembuatan BPKB baru akan langsung ditolak di Samsat dan ada baiknya melengkapi semua persyaratannya.

Selain itu sebaiknya Anda melakukan pengurusan BPKB sendiri dengan langsung datang ke kantor Samsat. 

Layanan online untuk pembuatan BPKB yang baru masih belum tersedia, jadi Anda harus datang sendiri. Dimulai dari pengumpulan semua syarat, berikut ini cara mengurus BPKB hilang. 

  • Membuat Laporan Kehilangan di Kepolisian

Apabila Anda mengetahui BPKB hilang maka segeralah untuk membuat surat laporan kehilangan. Datangi polsek atau polres terdekat agar petugas membuat berita acara pemeriksaan (BAP). 

Sambil membuat surat laporan kehilangan, Anda bisa menunggu surat berita acara dari Reskrim. Baik surat laporan kehilangan dan surat berita acara ini akan mendapat tanda tangan dari pihak kepolisian. 

Simpan semua surat ini, jika ingin aman Anda bisa memfotokopinya. Nantinya surat ini akan dilampirkan saat pengajuan ke Samsat. 

  • Membuat Berita Kehilangan di Media 

Anda juga harus mengurus pembuatan berita kehilangan di media massa. Pilih dua media massa cetak yang berbeda kemudian simpan bukti pembayarannya. Selain itu tunggu sampai iklan tayang dua kali. 

Simpan juga bukti iklan yang tayang serta bukti pembayaran dalam bentuk kliping. Bukti ini juga akan dilampirkan bersamaan dengan syarat lainnya. 

  • Membuat Surat Keterangan dari Bank 

Anda juga harus mendatangi bank terdekat untuk membuat surat keterangan. Surat ini bertujuan untuk menjadi bukti bahwa kendaraan yang BPKB nya hilang tidak sedang dalam status jaminan atau agunan. 

Karena kendaraan yang masih dalam masa agunan atau jaminan BPKB akan disimpan oleh pihak leasing atau yang memberi jaminan. Dengan begitu penerbitan BPKB baru tidak akan diproses. 

  • Membuat Surat Pernyataan Kehilangan

Satu lagi surat penting yang wajib disertakan yaitu surat pernyataan kehilangan yang Anda buat sendiri. Surat ini berisi informasi kapan waktu kehilangan dan juga penyebabnya. 

Jangan lupa untuk menandatangani surat ini dan tambahkan materai bernilai Rp. 6.000. Anda bisa membuat surat dengan tulis tangan langsung atau diketik. 

  • Menyiapkan Identitas yang Sesuai dengan BPKB 

Anda membutuhkan identitas berupa KTP dengan nama yang sama pada BPKB. Namun jika Anda tidak bisa mengurus sendiri, maka perlu ditambahkan dengan surat kuasa bermaterai Rp. 6.000. 

Bagi BPKB dari kendaraan milik badan usaha, Anda bisa menggunakan akta pendirian perusahaan, keterangan domisili dan surat keterangan bermaterai yang telah ditandatangani pimpinan sekaligus cap basah. 

  • Melakukan Cek Fisik Kendaraan

Cara mengurus BPKB hilang selanjutnya adalah dengan cek fisik kendaraan yang dilakukan langsung di Samsat. Jadi syarat terakhir dokumen cek fisik disertakan pada saat hari kepengurusan. 

Anda tinggal datang saja ke Samsat dengan kendaraan kemudian menuju loket cek fisik. Isi formulir cek fisik kemudian tunggu sampai proses dilakukan oleh pihak kepolisian. 

Bukti cek fisik kendaraan akan Anda dapatkan lengkap dengan legalisir dan tanda periksa kendaraan. Syarat terakhir ini akan digunakan pada tahapan selanjutnya. 

  • Mengisi Formulir Permohonan BPKB

Masih di kantor Samsat, ketika Anda sudah memenuhi semua syarat maka isi formulir permohonan BPKB baru. Formulir ini hanya bisa Anda dapatkan di kantor Samsat dan langsung diisi. 

Jadi jangan lupa untuk membawa alat tulis untuk mengisinya. Jika formulir permohonan selesai diisi, Anda bisa menyerahkannya ke loket beserta semua syarat yang dibutuhkan. 

  • Proses Pembayaran dan Pencetakan BPKB

Syarat yang sudah dipenuhi akan langsung diproses pada loket pembayaran. Anda tinggal sediakan biaya sesuai dengan jenis kendaraan kemudian datang ke loket setelah dipanggil. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya