Tips & Trik

Penyebab Munculnya Karat pada Knalpot

PUBLISHED DATE : 15 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/150769585_s.jpg

Leher knalpot adalah bagian yang paling cepat berkarat. Hal ini bisa dikatakan lumrah mengingat knalpot terbuat dari bahan logam. Ketika terjadi oksidasi maka karat akan muncul pada permukaannya. 

Ditambah lagi knalpot adalah komponen yang digunakan untuk melewati gas buang dari sisa ruang pembakaran mesin. Selain itu masih jarang pemilik motor yang memperhatikan soal knalpot mereka karena letaknya berada di bawah. 

Padahal dampak yang dihasilkan oleh knalpot berkarat tidak sepele. Karat yang dibiarkan bisa menyebabkan knalpot bocor yang akibatnya bisa merambat ke bagian lainnya. Knalpot bocor akan membuat sirkulasi pendinginan mesin kurang bekerja. 

Baca Juga : Pulser Motor: Pengertian, Cara Kerja Serta Fungsinya

Mesin akan menciptakan panas berlebih dan komponen lain yang bisa ikutan rusak seperti klep, busi hingga paking knalpot. Apa yang menyebabkan karat cepat muncul pada knalpot motor? 

    1. Jarang Dibersihkan

Penyebab pertama yang sering terjadi karena Anda jarang membersihkannya. Kotoran sangat mudah menempel pada knalpot karena berada di bawah. Saat musim penghujan dan motor melewati sering genangan air bahkan banjir, pasir hingga lumpur akan menempel. 

Apabila kotoran menempel tak segera dibersihkan akan menjadi kerak dan menjadi penyebab karat. Oleh karena itu untuk menghindari karat akan lebih baik jika Anda rutin mencuci motor apalagi saat musim hujan. 

    2. Sering Terkena Air Hujan dan Udara Air Laut

Baca Juga : 3 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Pengendara Motor

Knalpot juga lebih cepat karatan jika sering terkena air hujan dan udara air laut. Walaupun sebenarnya udara yang mengandung polusi tinggi di wilayah perkotaan juga bisa memicunya. 

Air hujan dan udara akan menimbulkan oksida besi merah yang dikenal dengan istilah karat. Mengingat knalpot terbuat dari besi maka karat akan lebih cepat muncul. 

    3. Adanya Uap Air pada Tabung Knalpot

Pada saat tabung knalpot mengeluarkan sisa gas emisi maka udara panas akan muncul, namun di dalam knalpot terdapat pendingin. Ketika pendingin ini bekerja maka bisa menimbulkan uap air yang harus dikeluarkan. 

Baca Juga : Fungsi Planetary Gear: Komponen & Cara Kerjanya

Jika terdapat masalah dalam sistem knalpot dan uap air tidak dikeluarkan atau terjebak dalam tabung knalpot akan menjadi pemicu karat. 

Mengenal penyebab dari karat ini akan mempermudah Anda untuk mencegahnya. Namun jika ternyata karat sudah muncul apa yang harus Anda lakukan? Adakah cara menghilangkan karat pada knalpot?

150769455_s

7 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Paling Mudah

Karat yang sudah terlanjur muncul pada knalpot harus segera dibersihkan. Jika tidak akan merambat ke seluruh area dan menciptakan keropos. Sebelum karat pada knalpot semakin banyak, Anda perlu tahu cara untuk menghilangkannya. 

Tidak perlu langsung ke bengkel, karena cara menghilangkan karat pada knalpot berikut ini bisa Anda terapkan di rumah sendiri. 

  • Memanfaatkan Pasta Gigi

Bahan pertama yang sangat sederhana dan selalu ada di rumah yaitu pasta gigi ternyata juga ampuh membersihkan karat di knalpot. Anda bisa menggunakan pasta gigi jenis apapun. 

Cara menggunakannya cukup simpel yaitu oleskan pasta gigi pada permukaan knalpot yang berkarat. Kemudian ratakan dengan sikat gigi dan tunggu sebentar. Hapus pasta gigi hingga bersih dan karat akan menghilang. 

Pada tumpukan karat cukup tebal Anda perlu mengaplikasikannya beberapa kali hingga bersih. 

  • Menghilangkan dengan Oli Gemuk
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya