Tips & Trik

Penyebab Munculnya Karat pada Knalpot

PUBLISHED DATE : 15 Juni 2021

150769585 S

Bahan pertama yang sangat sederhana dan selalu ada di rumah yaitu pasta gigi ternyata juga ampuh membersihkan karat di knalpot. Anda bisa menggunakan pasta gigi jenis apapun. 

Cara menggunakannya cukup simpel yaitu oleskan pasta gigi pada permukaan knalpot yang berkarat. Kemudian ratakan dengan sikat gigi dan tunggu sebentar. Hapus pasta gigi hingga bersih dan karat akan menghilang. 

Pada tumpukan karat cukup tebal Anda perlu mengaplikasikannya beberapa kali hingga bersih. 

  • Menghilangkan dengan Oli Gemuk

Stempet atau oli gemuk adalah bahan yang biasanya digunakan untuk melumasi dua mesin kendaraan ini juga efektif menghilangkan karat. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyalakan motor kemudian tunggu sampai knalpot menjadi panas. 

Baru oleskan oli gemuk ke area karat yang muncul secara menyeluruh. Terus nyalakan kendaraan karena karat akan meleleh dengan sendirinya bersamaan oli gemuk. Cara ini dapat menghilangkan karat yang sudah menumpuk sangat tebal. 

Baca Juga : Cara Mengenali Kerusakan Mesin dari Warna Asap Knalpot

Matikan kendaraan dan tunggu sampai knalpot dingin untuk menyeka bekas karat yang meleleh. 

  • Menggunakan Oli Bekas

Jika Anda servis ke bengkel resmi, mintalah sedikit oli bekas karena bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Anda tak perlu keluar uang jika menggunakannya dan bisa dilakukan tanpa harus melepaskan komponen knalpot. 

Caranya tak jauh beda dengan aplikasi oli gemuk di atas. Nyalakan kendaraan dan biarkan mesin sampai panas kemudian oleskan oli bekas ke area knalpot yang berkarat. Karat juga akan ikut meleleh bersama oli. 

  • Mengaplikasikan Krim Khusus Pembersih Karat

Sulit mendapatkan oli gemuk atau oli bekas? Ada alternatif lainnya yaitu menggunakan krim khusus untuk membersihkan karat. Krim khusus ini bisa Anda beli dengan harga sangat murah dalam ukuran kecil. 

Namun cara penggunaannya sedikit berbeda karena Anda harus melepaskan knalpot terlebih dahulu. Lanjutkan dengan pengamplasan seluruh bagian knalpot sampai bersih jangan hanya di bagian yang terkena karat saja. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya