Tips & Trik

Penyebab Munculnya Karat pada Knalpot

PUBLISHED DATE : 15 Juni 2021

150769585 S

Penyebab pertama yang sering terjadi karena Anda jarang membersihkannya. Kotoran sangat mudah menempel pada knalpot karena berada di bawah. Saat musim penghujan dan motor melewati sering genangan air bahkan banjir, pasir hingga lumpur akan menempel. 

Apabila kotoran menempel tak segera dibersihkan akan menjadi kerak dan menjadi penyebab karat. Oleh karena itu untuk menghindari karat akan lebih baik jika Anda rutin mencuci motor apalagi saat musim hujan. 

    2. Sering Terkena Air Hujan dan Udara Air Laut

Knalpot juga lebih cepat karatan jika sering terkena air hujan dan udara air laut. Walaupun sebenarnya udara yang mengandung polusi tinggi di wilayah perkotaan juga bisa memicunya. 

Air hujan dan udara akan menimbulkan oksida besi merah yang dikenal dengan istilah karat. Mengingat knalpot terbuat dari besi maka karat akan lebih cepat muncul. 

    3. Adanya Uap Air pada Tabung Knalpot

Pada saat tabung knalpot mengeluarkan sisa gas emisi maka udara panas akan muncul, namun di dalam knalpot terdapat pendingin. Ketika pendingin ini bekerja maka bisa menimbulkan uap air yang harus dikeluarkan. 

Baca Juga : Dongkrak Mobil: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

Jika terdapat masalah dalam sistem knalpot dan uap air tidak dikeluarkan atau terjebak dalam tabung knalpot akan menjadi pemicu karat. 

Mengenal penyebab dari karat ini akan mempermudah Anda untuk mencegahnya. Namun jika ternyata karat sudah muncul apa yang harus Anda lakukan? Adakah cara menghilangkan karat pada knalpot?

150769455_s

7 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Paling Mudah

Karat yang sudah terlanjur muncul pada knalpot harus segera dibersihkan. Jika tidak akan merambat ke seluruh area dan menciptakan keropos. Sebelum karat pada knalpot semakin banyak, Anda perlu tahu cara untuk menghilangkannya. 

Tidak perlu langsung ke bengkel, karena cara menghilangkan karat pada knalpot berikut ini bisa Anda terapkan di rumah sendiri. 

  • Memanfaatkan Pasta Gigi
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya