Tips & Trik

Ini Cara Kerja Kopling Hidrolik dan Komponennya

Kopling adalah komponen yang sangat vital bagi kendaraan motor maupun mobil. Kopling hidrolik adalah salah satu jenis kopling yang akan membuat nyaman pengendara saat menunggangi motor. Khususnya pada saat di jalanan macet. 

Tak sedikit pengendara yang mengeluhkan tarikan kopling terasa berat dan cepat membuat lelah saat menaiki motor. Nah, hal inilah yang diatasi jika kendaraan Anda menggunakan kopling bersistem hidrolik. Kopling ini juga yang digunakan pada kendaraan roda empat. 

Apa saja keuntungan dan bagaimana cara kerja dari kopling yang memanfaatkan sistem hidrolik ini? Mari simak selengkapnya di sini. 

Mengenal Cara Kerja Kopling Hidrolik

Disebut dengan hidrolik karena cara kerja dari kopling ini memanfaatkan zat cair seperti minyak yang fungsinya memindahkan daya dari piston ke master rem. Secara umum, cara kerja dari kopling jenis ini mirip dengan rem cakram

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Stabilizer Stang Motor

Pada rem cakram, minyak rem dan piston dimanfaatkan supaya bisa mendorong kampas rem. Sehingga pengendara tidak membutuhkan banyak tenaga yang dikeluarkan saat menariknya. Hal ini jugalah yang bekerja dalam sistem hidrolik. 

Berita Lainnya