Tips & Trik

Ini Cara Kerja Kopling Hidrolik dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 10 Juni 2021

Kopling

Saat handel kopling Anda injak maka tenaganya berpindah ke push rod dan mendorong plunger untuk bergerak ke arah kiri. Adanya gerakan ini akan bekerja untuk melawan return spring dan menekan minyak hidrolis keluar dalam master silinder. 

Minyak akan keluar melalui ujung yang ada di sebelah kiri master silinder dan masuk ke pipa penghubung sehingga dapat menuju ke silinder kopling. Penting sekali untuk menjaga volume dari minyak hidrolis, jika kurang harus ditambahkan kembali. 

Kuantitas dari minyak akan tetap terjaga dengan cara mencoba plunger yang sedang mengarah ke kanan saat kopling dilepas. Sehingga minyak reservoir ini akan masuk ke sistem katup chech. 

    3. Cara Kerja Silinder Kopling Hidrolik

Sedangkan untuk silinder kopling hidrolik memiliki fungsi supaya mengeluarkan udara dalam sistem hidrolis. Udara akan membuat sistem kerja hidrolis terganggu sehingga harus dikeluarkan. 

Apabila udara dalam sistem hidrolik berlebihan maka penekanan tidak akan membuat piston silinder bergerak. Selain itu udara juga akan membuat komponen lebih mudah berkarat karena oksidasi. 

Silinder kopling juga dilengkapi dengan karat penutup elastis yang tujuannya untuk mengatasi kotoran agar tidak masuk. Posisi karet ini berada di bawah kendaraan di mana resiko kotoran masuk sangat tinggi. 

Baca Juga : Sering Gonta-Ganti BBM? Ini Efeknya

Cara kerja kopling hidrolik pada mobil kurang lebih mirip dan perlu pengecekan berkala untuk mengetahui apakah sistemnya bekerja dengan baik.

Nah bagi Anda yang ingin mengecek sistem hidrolik pada kendaraan kesayangan bisa langsung ke bengkel resmi Suzuki. 

Kunjungi sembilan website baru Suzuki berikut ini untuk tahu bengkel resmi terdekat mana yang bisa didatangi. 

  1. Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) area Cirebon: www.suzukicintadamai.co.id 
  2. Nusantara Jaya Sentosa (NJS) area Bandung: www.suzukinjs.co.id 
  3. Arindo Gedong Jembar (AGJ) area Tegal: www.suzukiarindo.co.id 
  4. Sejahtera Sunindo Trada( SST) area Semarang: www.suzukitradajateng.co.id 
  5. Solo Indonesia Utama (SIU) area Solo: www.suzukisurakarta.co.id 
  6. Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) area Yogyakarta:  www.suzukisumberbaru.co.id 
  7. United Motor Centre (UMC) area  Surabaya: www.suzukiumc.co.id 
  8. Sejahtera Buana Trada (SBT) area Surabaya: www.suzukitradajateng.co.id
  9. United Indo Bali (UIB) area Bali: www.suzukibali.id 

Setelah memasuki salah satu dari website ini lokasi Anda akan langsung terdeteksi sehingga memudahkan untuk tahu dimanakah bengkel resmi yang bisa dipilih. Untuk melakukan servis bebas antri Anda bisa melakukan booking service dengan mengisi formulir. 

Isi data diri, pilih bengkel, tanggal dan juga jenis mobil. Maka Anda bisa melakukan servis di jadwal yang telah ditentukan tanpa antri lagi. Selain itu kesembilan website resmi ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pemesanan sparepart hingga informasi mobil Suzuki.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya