Tips & Trik

Fungsi Lampu Tanda Belok: Rangkaian & Komponennya

PUBLISHED DATE : 04 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/6__New_Ertiga_(1).jpg

    3.  Lampu Sein Berfungsi sebagai Isyarat Pindah Jalur 

Jika Anda sering melewati jalan tol yang identik dengan beberapa jalur jalan maka penting sekali menyalakan lampu sein. Lampu ini harus dinyalakan ketika Anda hendak berpindah jalur. 

Hanya dengan menyalakan lampu sein maka pengendara di belakang mobil Anda akan mengurangi kecepatan dan menghindari kecelakaan. Anda pun akan mendapatkan jalan yang nyaman pada saat berpindah jalur. 

Kini Anda tidak akan bingung lagi jika diminta jelaskan fungsi lampu tanda belok. Selanjutnya adalah mengenali bagaimana rangkaian yang dimiliki dalam lampu sein. 

Cara Kerja Rangkaian Lampu Tanda Belok pada Mobil 

6._New_Ertiga__2_(1)

Fungsi lampu tanda belok adalah untuk berbagai isyarat, supaya bisa bekerja dengan baik ada banyak rangkaian yang saling terkait. Rangkaian ini bisa dilihat dari bagaimana cara kerjanya. 

Pada saat kunci kontak diputar menjadi posisi ON arus positif dari baterai akan dialirkan ke fuse baru ke flasher. Arus yang keluar dari flasher akan dihantarkan ke arah indukan saklar lampu sein.  

Bagaimana cara kerjanya jika Anda menyalakan lampu sein ke kiri dan ke kanan, cek di halaman berikutnya

_____________________________________________________________________________________________

Kemudian ketika Anda mengarahkan saklar sein ke arah kiri maka arus dari baterai akan keluar dari terminal L. Arus akan diarahkan ke lampu sein di bagian depan serta belakang dan belakang bagian kiri. 

Pada saat Anda mengembalikan posisi saklar ke arah kanan maka arus dari baterai akan keluar ke arah terminal R dan dilanjutkan ke lampu sein depan dan belakang kanan. 

Jadi rangkaian lampu tanda belok akan berubah sesuai dengan saklar untuk bisa menyalakan lampu di kanan atau kiri sesuai dengan perintah. 

7 Komponen Lampu Tanda Belok pada Mobil 

Usai mengenali fungsi lampu tanda belok lengkap dengan cara kerjanya, kini berlanjut ke komponen di dalamnya. Cara kerja lampu sein tidak akan sempurna jika tidak didukung dengan ketujuh komponen berikut ini:

  • Aki 

Komponen yang pertama ini adalah baterai yang fungsinya adalah menjadi sumber arus listrik. Berawal dari sumber arus listrik inilah semua sistem kelistrikan mobil termasuk lampu riting bisa bekerja. 

Apabila aki mobil mengalami kerusakan maka lampu tidak bisa dinyalakan. Anda mungkin harus melakukan charge baterai atau menggantinya jika sudah tidak bisa menyimpan daya kembali. 

______________________________________________________________________________________________

  • Saklar

Komponen kedua adalah saklar yang akan bekerja untuk mengaktifkan sistem kelistrikan pada mobil. Khusus lampu sein saklar ini bisa diaktifkan ke kiri atau ke kanan bergantian sesuai dengan arah yang diinginkan. 

Letaknya sendiri berada di dekat stir mobil dan berbentuk tuas. Dalam satu tuas ini biasanya tidak hanya sebagai saklar untuk menyalakan lampu sein tetapi juga saklar lampu kepala. 

  • Fuse 
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya