Tips & Trik

Fungsi Lampu Tanda Belok: Rangkaian & Komponennya

PUBLISHED DATE : 04 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/6__New_Ertiga_(1).jpg

Jenis lampu yang digunakan untuk kendaraan bukan hanya lampu depan tetapi juga lampu sein yang fungsinya sangat vital. Semua pengemudi mobil harus bisa jika diminta jelaskan fungsi lampu tanda belok ini agar tidak salah penggunaannya. 

Lampu yang juga sering disebut dengan lampu riting atau lampu tanda belok ini berada di bagian sisi kanan kiri dan depan belakang kendaraan. Khusus mobil, rangkaian lampu tanda belok cukup bervariasi. 

Nah, supaya Anda tidak bingung ketika harus menjelaskan fungsi sampai dengan komponen lampu sein, bisa mempelajarinya pada artikel kali ini. 

Baca Juga : Apa Itu Blind Spot? dan Bagaimana Cara Menguranginya?

Apa Saja Fungsi Lampu Tanda Belok?

Setiap lampu yang dipasang pada mobil tidak hanya berfungsi sebagai penerangan saja. Salah satunya adalah lampu sein yang secara umum fungsinya adalah untuk memberikan tanda bagi pengendara di depan dan belakang. 

Lampu ini hanya dinyalakan ketika mobil hendak berbelok ke kanan dan ke kiri. Nyala lampunya juga berkedip sehingga mudah untuk langsung dikenali. 

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Alat Pendingin Mesin Mobil & Komponennya

Apabila ada pertanyaan ‘jelaskan fungsi lampu tanda belok’ Anda tidak perlu bingung menjawabnya. Cek di halaman berikutnya untuk tahu apa fungsi lampu sein.

______________________________________________________________________________________________

  • Lampu Sein Berfungsi sebagai Isyarat Berbelok 

Fungsi yang pertama dan sudah dikenali secara umum adalah sebagai penanda atau isyarat bahwa sebuah kendaraan hendak berbelok, balik arah sehingga pengendara lain akan mengetahuinya. 

Baca Juga : Tips Agar Wiper Mobil Awet dan Tidak Bikin Baret di Kaca

Menyalakan lampu sein sebaiknya beberapa menit ketika Anda hendak mendekati tempat belok atau berbalik arah. Cukup dengan menyalakan lampu sein, Anda bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan. 

  1.  Lampu Sein Berfungsi sebagai Isyarat Menyalip 

Fungsi yang selanjutnya juga masih sama yaitu sebagai isyarat hanya saja ketika Anda ingin menyalip kendaraan di depan. Isyarat ini nantinya akan diterima oleh pengendara di depan melalui kaca spion. 

Tidak hanya itu tetapi juga kendaraan di depan dan berlawanan arah. Ketika Anda hendak menyalip maka kendaraan yang melihat lampu sein menyala dapat mengurangi kecepatan dan memberikan ruang agar Anda bisa mendahului. 


    2. Lampu Sein Berfungsi sebagai Isyarat Jalan Sempit 

Ada satu lagi fungsi yang masih saja sering dilupakan yaitu isyarat bagi pengendara dari berlawanan arah. Fungsi yang kedua ini biasanya akan diterapkan ketika Anda berada di jalanan sempit. 

Apa tujuannya sebagai isyarat di jalanan sempit, cek di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Tujuannya untuk memberitahukan kepada pengemudi dari lawan arah agar pengendara tersebut keluar dari jalur yang sedang Anda lewati. Sehingga meskipun sedang berada di jalanan sempit Anda dan pengendara lawan arah tetap bisa mendapatkan jalan. 

    3.  Lampu Sein Berfungsi sebagai Isyarat Pindah Jalur 

Jika Anda sering melewati jalan tol yang identik dengan beberapa jalur jalan maka penting sekali menyalakan lampu sein. Lampu ini harus dinyalakan ketika Anda hendak berpindah jalur. 

Hanya dengan menyalakan lampu sein maka pengendara di belakang mobil Anda akan mengurangi kecepatan dan menghindari kecelakaan. Anda pun akan mendapatkan jalan yang nyaman pada saat berpindah jalur. 

Kini Anda tidak akan bingung lagi jika diminta jelaskan fungsi lampu tanda belok. Selanjutnya adalah mengenali bagaimana rangkaian yang dimiliki dalam lampu sein. 

Cara Kerja Rangkaian Lampu Tanda Belok pada Mobil 

6._New_Ertiga__2_(1)

Fungsi lampu tanda belok adalah untuk berbagai isyarat, supaya bisa bekerja dengan baik ada banyak rangkaian yang saling terkait. Rangkaian ini bisa dilihat dari bagaimana cara kerjanya. 

Pada saat kunci kontak diputar menjadi posisi ON arus positif dari baterai akan dialirkan ke fuse baru ke flasher. Arus yang keluar dari flasher akan dihantarkan ke arah indukan saklar lampu sein.  

Bagaimana cara kerjanya jika Anda menyalakan lampu sein ke kiri dan ke kanan, cek di halaman berikutnya

_____________________________________________________________________________________________

Kemudian ketika Anda mengarahkan saklar sein ke arah kiri maka arus dari baterai akan keluar dari terminal L. Arus akan diarahkan ke lampu sein di bagian depan serta belakang dan belakang bagian kiri. 

Pada saat Anda mengembalikan posisi saklar ke arah kanan maka arus dari baterai akan keluar ke arah terminal R dan dilanjutkan ke lampu sein depan dan belakang kanan. 

Jadi rangkaian lampu tanda belok akan berubah sesuai dengan saklar untuk bisa menyalakan lampu di kanan atau kiri sesuai dengan perintah. 

7 Komponen Lampu Tanda Belok pada Mobil 

Usai mengenali fungsi lampu tanda belok lengkap dengan cara kerjanya, kini berlanjut ke komponen di dalamnya. Cara kerja lampu sein tidak akan sempurna jika tidak didukung dengan ketujuh komponen berikut ini:

  • Aki 

Komponen yang pertama ini adalah baterai yang fungsinya adalah menjadi sumber arus listrik. Berawal dari sumber arus listrik inilah semua sistem kelistrikan mobil termasuk lampu riting bisa bekerja. 

Apabila aki mobil mengalami kerusakan maka lampu tidak bisa dinyalakan. Anda mungkin harus melakukan charge baterai atau menggantinya jika sudah tidak bisa menyimpan daya kembali. 

______________________________________________________________________________________________

  • Saklar

Komponen kedua adalah saklar yang akan bekerja untuk mengaktifkan sistem kelistrikan pada mobil. Khusus lampu sein saklar ini bisa diaktifkan ke kiri atau ke kanan bergantian sesuai dengan arah yang diinginkan. 

Letaknya sendiri berada di dekat stir mobil dan berbentuk tuas. Dalam satu tuas ini biasanya tidak hanya sebagai saklar untuk menyalakan lampu sein tetapi juga saklar lampu kepala. 

  • Fuse 

Fuse adalah sekring yang fungsinya menjadi pengaman rangkaian kelistrikan untuk menghindari korsleting.  Cara kerjanya adalah memanfaatkan kawat tipis yang memiliki batas aliran arus listrik. 

Apabila aliran arus melebihi batas tersebut maka kawat akan otomatis terputus. Efeknya rangkaian kelistrikan aman dari lampu terbakar. 

  • Relay 

Komponen yang satu ini berfungsi sebagai jembatan arus utama. Arus listrik nantinya akan jauh lebih efektif dengan relay dan tidak terjadi tahanan terlalu lama serta aman. 

Relay bekerja untuk mengalirkan arus listrik dari baterai ke lampu sein dengan memanfaatkan sebuah kontak. Kontak ini dikontrol oleh solenoid coil yang langsung terhubung dengan saklar lampu. 

______________________________________________________________________________________________

Jadi pada sebuah relay terdapat dua rangkaian terpisah yaitu rangkaian pengontrol arus dan utama lampu. 

  • Flasher 

Flasher merupakan komponen yang akan menciptakan efek kedipan pada lampu sein. Jenisnya sendiri ada dua yaitu flasher bimetal yang memanfaatkan plat memuai ketika terkena panasi induksi. 

Kedua adalah flasher elektronik yang memanfaatkan rangkaian flip flop untuk menciptakan efek On dan Off periodik. 

  • Bohlam Lampu 

Bagian tak kalah penting ini berukuran kecil yang merupakan aktuator untuk mengubah energi listrik menjadi cahaya. Warna cahaya yang dikeluarkan kuning adalah bolam lampu. 

Warna kuning disesuaikan dengan simbol lalu lintas agar pengguna jalan lebih hati-hati. Ditambah lagi dengan efek kedipan yang membuat fokus pengguna jalan tertuju pada lampu bohlam. 

  • Wiring 

Komponen terakhir ini adalah rangkaian kabel yang akan menghubungkan semua komponen kelistrikan dengan aman serta rapi. Fungsinya adalah sebagai penghubung arus listrik dari baterai ke semua lampu sein yang terpasang. 

______________________________________________________________________________________________

Wiring ini akan membuat kabel listrik lebih rapi dan mudah untuk diperiksa jika terjadi masalah. 

Inilah komponen yang terdapat dalam rangkaian lampu tanda belok untuk bisa Anda pelajari. Jika ternyata salah satu dari komponennya rusak dan lampu sein tidak menyala atau tidak berkedip maka wajib diperiksa. 

Anda bisa memeriksakannya langsung ke bengkel resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia. Cek bengkel terdekatnya berikut ini:

 

  1. Sejahtera Sumberbaru Trada di Jakarta Timur -suzukidealerkalimalang.id
  2. Sejahtera Armada Trada di Depok - suzukimargondadepok.co.id
  3. Sumber Baru Aneka Mobil di Jakarta - suzukisbam.co.id
  4. Duta Cendana Adimandiri di Jawa Barat - suzukidutacendana.co.id
  5. Dwiperkasa Mobiltama di Jawa Barat - suzukidwiperkasa.co.id
  6. Armada Perkasa Mobilindo Jakarta Selatan - suzukiarmada.co.id
  7. Handijaya Buana Trada Jakarta Utara - suzukigunungsahari.co.id
  8. Sejahtera Buana Trada Jabodetabek - suzukitrada.co.id
  9. Indomobil Multi Trada Jakarta Selatan - indomobilsuzukidealer.co.id 
  10. Sun Motor Jakarta Banten - suzukisunmotor.com
  11. Citra Asri Buana di Jawa Barat - suzukidealercab.co.id
  12. Trimitra Sejahtera Mobilindo Jawa Barat - suzukitrimitra.co.id
  13. Pusaka Motor Utama Jawa Barat - suzukipusaka.co.id
  14. Restu Mahkota Karya - suzukimahkota.co.id
  15. Armada Banda Jaya di Aceh - suzukiaceh.co.id
  16. Arista Sukses Abadi - Medan - suzukiarista.com
  17. Trans Sumatra Andalan di Sumatera Utara - tsasuzuki.com
  18. Rodamas Makmur Motor di Batam - suzukimobilbatam.co.id
  19. Arista Sukses Abadi - TP - suzukipinang.com
  20. Sejahtera Buana Trada - Riau - suzukimobilriau.co.id 
  21. Elang Perkasa Motor di Sumatera Barat - suzukiepmsumbar.co.id
  22. Jaya Indah Motor di Jambi - suzukijambi.co.id
  23. Kangaroo Motor Mandiri di Bengkulu - suzukibengkulu.co.id
  24. Nusa Sarana Citra Bakti di Sumatera Selatan- suzukithamrin.co.id
  25. Jagorawi Motor di Bangka Belitung - suzukijagorawi.co.id
  26. Persada Lampungraya di Lampung - suzukilampung.co.id

Berita Lainnya