Tips & Trik

Fungsi Avometer: Bagian, Jenis, dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 17 September 2021

Avometer

Kelebihan avometer digital lainnya adalah auto polaritas untuk meminimalisir kesalahan dalam menyambung terminal.

Namun, kinerja alat ini berdasarkan pada kondisi baterainya, sehingga Anda harus memastikan posisinya selalu penuh agar performanya bisa maksimal.

 

Cara Kerja Avometer

Cara kerja avometer ini berdasarkan pada fungsinya untuk mengukur tegangan, hambatan, dan arus listrik. Berikut ini adalah ulasan mengenai petunjuk cara kerja dalam menggunakan avometer.

  • Mengukur Tegangan AC

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengukur tegangan AC adalah mengatur posisi selektor ke ACV. Apabila Anda menggunakan multimeter analog, maka harus memilih nilai tegangan pada selector di posisi 300 volt.

Hal berikutnya adalah menghubungkan probe ke terminal yang akan diukur tanpa membingungkan posisi positif dan negatifnya. Selanjutnya tahan probe tersebut agar Anda bisa mendapatkan hasil yang ditunjukkan dan mulai membacanya.

  • Mengukur Hambatan

Baca Juga : Fungsi Lampu Tembak Mobil dan Etika Menggunakannya

AvoMeter dalam pengukuran hambatan ini bekerja untuk mengetahui apakah kabel yang sedang digunakan ini dalam kondisi putus atau tidak. Alat ini biasanya digunakan untuk melakukan hambatan pada kelistrikan body.

Anda harus menentukan perkiraan nilai hambatan terlebih dahulu dan mengawalinya dengan tanda x pada avometer analog. Lalu, hubungkan probe ke resistor dan tahan keduanya hingga mendapatkan hasil yang di display pada layar.

  • Mengukur Tekanan DC

Cara kerja avometer selanjutnya adalah untuk mengukur tegangan DC, salah satunya adalah pada mobil. Hal penting yang harus diperhatikan dalam pengukuran tekanan DC adalah pada saat menghubungkan probe merah ke terminal positif dan hitam ke negatif.

  • Mengukur Arus Listrik

Satu lagi cara kerja avometer yang perlu Anda ketahui, yaitu untuk mengukur arus listrik untuk perbaikan kelistrikan pada bodi mobil. Anda bisa menggunakan soket apabila ingin mendapatkan hasil pengukuran yang tepat.

Fungsi avometer untuk mengukur hambatan, tegangan, dan arus listrik mempunyai banyak manfaat untuk beberapa bidang pekerjaan. Anda bisa mempelajari cara kerja avometer terlebih dahulu agar bisa menggunakan alat ini secara maksimal.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya