Tips & Trik

Fungsi Avometer: Bagian, Jenis, dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 17 September 2021

Avometer

Avometer juga mempunyai bagian untuk membatasi nilai maksimal yang bisa diukur. Batas ukur ini juga dilengkapi dengan beberapa petunjuk yang dibedakan menjadi beberapa blok. Beberapa petunjuk tersebut berguna untuk mengukur AC, DC, dan resistansi.

  • Measuring Terminal

Bagian selanjutnya pada multimeter adalah measuring terminal sebagai konektor dengan rangkaian yang akan ditiru. Measuring terminal ini terdiri dua kutub positif dengan warna merah dan negatif yang ditandai dengan warna hitam.

  • Scale (Skala Maksimum)

Scale adalah bagian yang berguna untuk menampilkan batas nilai tertinggi pada panel pengukuran. Batas skala maksimum untuk mengukur resistansi nilainya bisa dilihat dari arah kanan ke kiri. Sementara untuk mengukur tegangan, DC, dan AC dapat dilihat dari kiri ke kanan.

  • Pointer (Jarum Meter)

Fungsi jarum pada avometer adalah sebagai petunjuk dalam pengukuran, sehingga Anda bisa langsung membaca hasilnya.

  • Ohm Adjustment

Ohm meter adalah bagian dari avometer yang berguna untuk mengenolkan jarum pada posisi kanan saat proses pengukuran hambatan.

  • Range Selector

Satu lagi bagian dari alat ini adalah range sektor yang mempunyai fungsi untuk memilih batasan tegangan, arus, dan hambatan.

Baca Juga : Ini Risiko Memakai Kompresor Saat Mengganti Oli

cara_kerja_avometer

Jenis-Jenis Avometer

Hal berikutnya yang harus dipahami setelah mengetahui fungsi avometer adalah jenis-jenisnya. Alat ukur kelistrikan ini dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan pada prinsip kerjanya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai masing-masing jenis avometer.

  • Avometer Analog

Avometer analog disebut sebagai jenis manual, di mana cara membaca skalanya ditunjukkan dengan jarum agar Anda bisa mengetahui hasilnya. Ketepatan pengukuran analog ini dipengaruhi oleh cara pengguna dalam membaca hasilnya.

Jenis avometer ini mempunyai tingkat pengukuran maksimum hanya sebatas skala pointer saja, sehingga dibilang sangat terbatas. Anda bisa memanfaatkan avometer digital untuk mengukur rangkaian yang sinyalnya tidak stabil.

  • Avometer Digital

Jenis avometer digital ini akan menunjukkan hasil pengukuran dalam bentuk angka yang langsung muncul. Alat ini mempunyai tingkat keakuratan lebih tinggi, jadi Anda tidak perlu membaca angka berdasarkan petunjuk jarum yang bisa berpotensi tidak akurat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya