Tips & Trik

Fungsi Planetary Gear: Komponen & Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 27 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/107204570_s.jpg

Planetary gear adalah sebutan dari gigi gear yang terpasang pada kendaraan bermesin. Secara umum, fungsi komponen ini adalah mengatur transmisi yang terjadi pada langkah kerja kendaraan bermotor.

Disebut planetary karena komponen ini memiliki beberapa komposisi yang tersusun seperti tata surya.

Susunan gigi gear didalamnya hampir mirip dengan letak planet. Setiap komponennya mampu berputar pada porosnya untuk menghasilkan langkah kerja dalam sistem transmisi mesin.

Baca Juga : Ini yang Sebaiknya Dilakukan Saat Mengalami Pecah Ban

Simak ulasan berikut untuk mengenal lebih jauh tentang gigi planetary beserta fungsi dan komponennya.

Mengenal Planetary Gear

Pada sistem otomatis mesin, terdapat komponen penting untuk menjalankan sistem transmisi yang relatif cepat. Komponen tersebut adalah planetary gear atau gigi planet. Komponen ini terpasang untuk mengatur momen dan akselerasi yang bekerja dalam suatu kendaraan bermotor. 

Baca Juga : Apa Sih Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat Musim Hujan?

Adanya gigi planet ini dapat memungkinkan sebuah mesin kendaraan mampu mengatur momen, kecepatan, dan mengatur gerak kendaraan.

Pada dasarnya, unit gigi planet digunakan mesin untuk menghasilkan tenaga dalam menggerakkan mesin yang memiliki beban berat maupun ringan.

Pada alat berat misalnya, unit gigi planetary digunakan untuk menjalankan berbagai sistem. Beberapa diantaranya adalah torque divider, final drive, planetary transmission, dan sistem penting lainnya yang terjadi pada mesin mobil. 

Baca Juga : Apa itu BPKB dan Bagaimana Cara Mengurusnya Saat Hilang

Penggunaan unit gigi planetary lebih diminati lantaran dinilai lebih menguntungkan dibanding external gear. Gigi planetary dinilai tidak terlalu membutuhkan ruang yang besar sehingga lebih praktis. 

Selain itu, komponen ini lebih halus dalam memindahkan power, dan mampu menyeimbangkan beban dari masing-masing gear. Hal ini juga menjadi alasan penting penggunaannya lebih banyak diminati.

Fungsi Planetary Gear

Komponen set gigi planetary memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjalankan mesin. Adanya komponen ini membuat mesin dapat bekerja dengan baik untuk mengatur tenaga dan kemampuan kerja untuk mengangkat beban mesin.

Fungsi planetary gear dapat digunakan untuk menekan dan menurunkan momen mesin. Hal ini berkaitan dengan momen inersia yang berkebutuhan dalam mengatur kemampuan kendaraan menjelang berhenti maupun menjelang berjalan. 

Tidak hanya itu, fungsi lain dari komponen ini adalah menaikkan dan menurunkan kecepatan kendaraan.

Adanya komponen gigi planetary membuat kendaraan lebih mudah mengatur kecepatannya. Set gigi planetary juga berperan untuk menjalankan kendaraan untuk bergerak maju maupun mundur.

Komponen-Komponen Planetary Gear

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya