Tips & Trik

Fungsi Planetary Gear: Komponen & Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 27 Desember 2021

107204570 S

Adanya gigi planet ini dapat memungkinkan sebuah mesin kendaraan mampu mengatur momen, kecepatan, dan mengatur gerak kendaraan.

Pada dasarnya, unit gigi planet digunakan mesin untuk menghasilkan tenaga dalam menggerakkan mesin yang memiliki beban berat maupun ringan.

Pada alat berat misalnya, unit gigi planetary digunakan untuk menjalankan berbagai sistem. Beberapa diantaranya adalah torque divider, final drive, planetary transmission, dan sistem penting lainnya yang terjadi pada mesin mobil. 

Penggunaan unit gigi planetary lebih diminati lantaran dinilai lebih menguntungkan dibanding external gear. Gigi planetary dinilai tidak terlalu membutuhkan ruang yang besar sehingga lebih praktis. 

Selain itu, komponen ini lebih halus dalam memindahkan power, dan mampu menyeimbangkan beban dari masing-masing gear. Hal ini juga menjadi alasan penting penggunaannya lebih banyak diminati.

Fungsi Planetary Gear

Komponen set gigi planetary memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjalankan mesin. Adanya komponen ini membuat mesin dapat bekerja dengan baik untuk mengatur tenaga dan kemampuan kerja untuk mengangkat beban mesin.

Fungsi planetary gear dapat digunakan untuk menekan dan menurunkan momen mesin. Hal ini berkaitan dengan momen inersia yang berkebutuhan dalam mengatur kemampuan kendaraan menjelang berhenti maupun menjelang berjalan. 

Baca Juga : Isi Bensin? Jangan Lupa Perhatikan Juga Kompresi Mesin!

Tidak hanya itu, fungsi lain dari komponen ini adalah menaikkan dan menurunkan kecepatan kendaraan.

Adanya komponen gigi planetary membuat kendaraan lebih mudah mengatur kecepatannya. Set gigi planetary juga berperan untuk menjalankan kendaraan untuk bergerak maju maupun mundur.

Komponen-Komponen Planetary Gear

Set gigi planetary memiliki komponen dengan letak seperti tata surya. Setiap komponen mampu berputar pada porosnya dan menjalankan fungsinya masing-masing. Komponen  planetary gear diantaranya adalah sebagai berikut.

Sun gear

Seperti halnya sistem planet dalam tata surya, gigi planetary juga memiliki pusat susunan, yaitu sun gear. Komponen ini terletak di pusat gigi planetary dan semua komponen lain berpusat pada sun gear. 

Ada dua jenis rancangan untuk sun gear, yaitu menggunakan model spur gear atau helical gear. Hal utama yang membedakan sun gear dengan unit lainnya selain letaknya adalah jumlah gigi yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan lainnya. 

Saat melakukan langkah kerja, gigi dari setiap komponen dalam planetary akan saling bertaut. Begitu pula sun gear, gigi gearnya akan bertaut dengan gigi milik planetary pinion gear sehingga mampu berputar bersama.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya