Tips & Trik

Catat Ini, Indikasi Kampas Rem Motor Perlu Diganti

PUBLISHED DATE : 24 Juni 2020

110121997 S

117098246_s

Mengingat betapa pentingnya rem bagi kendaraan bermotor, maka sebagai pengendara juga harus mengetahui apabila komponen tersebut bermasalah. Dalam hal ini, masalah yang terjadi biasanya terletak pada kampas rem yang mulai menipis atau habis, sehingga harus segera diganti.

Ada beberapa ciri atau tanda yang harus diketahui pengendara apabila kampas mulai menipis atau habis. Dan apabila tanda-tanda tersebut sudah ada, sebaiknya segera dilakukan penggantian demi keselamatan pengendara itu sendiri. Adapun ciri-ciri kampas harus segera diganti adalah sebagai berikut.

  • Rem tromol

Pada rem tromol, ciri atau tanda kampas rem yang mulai habis tidak bisa dilihat secara langsung. Hal ini disebabkan apabila ingin mengetahui ketebalan kampas pada rem tromol ini, harus terlebih dahulu dilakukan pembongkaran pada komponen atau bagian rem tersebut. Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan.

Baca Juga : Begini Cara Sederhana Jaga Kinerja Rem Mobil

Namun ada beberapa ciri atau tanda yang muncul apabila kampas pada rem tromol ini mulai menipis atau habis. Di samping itu, tanda-tanda tersebut bisa diketahui tanpa harus melakukan pembongkaran pada bagian rem. Hal ini karena tanda tersebut bisa dirasakan oleh pengendara.

  1. Tarikan Yang Dalam

    Tanda yang jelas terletak pada tarikan yang dilakukan. Apabila saat rem ditarik atau diinjak terasa dalam, maka hal tersebut merupakan tanda kampas mulai menipis atau habis. Hal ini dikarenakan, ketika kampas mulai menipis, maka jarak antara permukaan rem dan permukaan roda semakin jauh atau lebar.

    Sehingga ketika rem ditarik atau diinjak, akan terasa semakin jauh dan dalam. Bila hal ini terjadi, maka pertanda kampas pada rem sudah waktunya diganti. Karena apabila dibiarkan sampai kampas benar-benar habis, maka akan bisa menimbulkan kerusakan pada bagian lain

  2. Terdengar Bunyi Gesekan

    Hal ini bisa dimaklumi karena komponen rem yang terbuat dari besi. Apabila bergesekan dengan roda yang juga terbuat dari besi, pasti akan menimbulkan suara atau bunyi berdecit akibat pergesekan kedua bagian tersebut. Apabila hal ini dibiarkan, tentu akan bisa merusak keduanya, yaitu rem dan roda

  3. Menimbulkan Bau Terbakar

    Akibat pergesekan dua komponen yang sama-sama terbuat dari besi dan dalam keadaan panas, akan menimbulkan bau seperti terbakar pada bagian belakang kendaraan. Membiarkan hal tersebut tentu akan menyebabkan kerusakkan pada kendaraan Anda.

  • Rem Cakram
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya