Tips & Trik

Catat Ini, Indikasi Kampas Rem Motor Perlu Diganti

PUBLISHED DATE : 24 Juni 2020

110121997 S

Rem, merupakan bagian atau komponen  dari kendaraan yang berfungsi untuk menghentikan jalannya kendaraan. Rem itu sendiri merupakan alat berupa besi yang akan menekan permukaan roda ketika ditarik atau diinjak, sehingga bisa memperlambat atau menghentikan laju perputaran roda.

Karena rem terbuat dari besi, maka dipastikan akan menimbulkan gesekan yang bisa menimbulkan panas dan juga suara bila bersentuhan dengan roda. Oleh sebab itu, permukaan rem dipasang kampas rem, untuk menghindari itu semua.

Jenis rem itu sendiri ada dua macam, yaitu rem tromol dan cakram. Rem tromol lebih dahulu ada dibandingkan dengan cakram. Kedua jenis rem ini sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Meskipun rem cakram dianggap lebih kuat, tetapi tromol sampai saat ini tetap digunakan.

Rem tromol yang memiliki permukaan lebih lebar, biasanya dipakai pada kendaraan-kendaraan besar dan berat, seperti bus dan truk. Karena dengan permukaannya yang luas, akan menimbulkan gesekan lebih kuat, sehingga mampu menghentikan laju roda kendaraan besar.

Baca Juga : Aki Kering dan Aki Basah, Mana yang Lebih Awet?

Sementara, rem cakram biasanya digunakan pada kendaraan yang  lebih kecil, seperti sepeda motor dan juga mobil. Meskipun permukaan rem cakram lebih kecil, namun kampas pada rem lebih tebal, sehingga gesekan yang dihasilkan lebih kuat, dan mampu menghentikan kendaraan yang sangat kencang.

Dari uraian tersebut jelas bahwa dalam hal ini peran kampas pada rem sangatlah besar. Sehingga seorang pengendara harus rajin melakukan pengecekan terhadap keberadaan komponen yang satu ini, agar kondisi dan fungsinya tetap dalam keadaan baik.

Ciri-ciri Kampas yang Mulai Habis Pada Rem

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya