Tips & Trik

Catat Ini, Indikasi Kampas Rem Motor Perlu Diganti

PUBLISHED DATE : 24 Juni 2020

110121997 S

Berbeda dengan rem tromol yang tidak bisa dilihat langsung apabila terjadi penipisan pada kampas, pada cakram hal tersebut bisa dilihat secara langsung. Yaitu, apabila ketebalan kampas rem sudah terlihat mulai menipis sekitar  2 milimeter, maka itu pertanda bahwa komponen ini sudah waktunya untuk diganti.

Selain itu, pada rem cakram tanda-tanda kampas sudah harus diganti bisa dilihat dari warna permukaannya. Apabila warna permukaan tidak mengkilap meskipun sudah digosok berulang kali, itu tandanya kampas sudah keras dan sudah harus diganti.

Pada keadaan ini kampas sudah tidak maksimal menjepit lantaran permukaan sudah licin. Akibatnya, saat pedal rem diinjak, maka kekuatan untuk menghentikan laju perputaran roda sudah tidak maksimal. Akibatnya roda tidak bisa langsung berhenti. Hal ini bisa membahayakan keselamatan pengendara.

Akibat Apabila Kampas Rem Tidak Segera Diganti

Mengingat rem merupakan bagian penting dari sebuah kendaraan, maka kondisinya harus terus diperhatikan. Pengecekan harus dilakukan secara teratur agar apabila ada masalah segera diketahui. Akibat yang terjadi apabila kampas rem tidak segera diganti diantaranya adalah

  • Rawan Terjadi Kecelakaan

    Pada saat kampas sudah habis maka kinerjanya tidak bisa maksimal. Akibatnya akan timbul resiko yang sering terjadi adalah kecelakaan. Resiko kecelakaan tentunya tidak diharapkan oleh pengendara.
  • Menimbulkan Kerusakan Pada Komponen Lain.

    Baca Juga : Fungsi Ring Piston Motor Dan Tanda Kerusakannya

    Fungsi kampas ini, selain untuk memaksimalkan daya kerjanya, juga untuk menghindari gesekan langsung antara permukaan rem dengan roda. Karena pergesekan kedua komponen yang sama-sama terbuat dari besi, akan menimbulkan beberapa akibat.

    Misalnya, timbulnya bunyi berdecit akibat gesekan. Juga munculnya bau seperti terbakar pada bagian belakang mesin. Hal yang paling fatal akibat adanya gesekan terus menerus, akibatnya kedua komponen yaitu rem dan roda akan mengalami aus dan perubahan bentuk.

    Apabila sampai pada tahap ini, yang terjadi bukan hanya membahayakan bagi pengendara, tetapi juga akan menimbulkan kerusakan-kerusakan lain. Dan untuk itu, Anda harus menggantinya dengan yang baru, ini berarti akan menambah budget pengeluaran untuk memperbaiki komponen mobil.

    Kampas pada rem memang terdengar sederhana secara fungsi sebagai komponen kendaraan. Meski demikian, hal tersebut sama sekali tidak bisa diabaikan karena akibat yang ditimbulkan akan sangat besar. Selain menimbulkan kerugian secara materi, juga bisa membahayakan keselamatan pengendara.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya