Tips & Trik

Cara Membuat Lampu Rem Motor Lebih Awet

PUBLISHED DATE : 27 Juni 2023

Lampu Rem Motor

 

  • Perhatikan Penggunaan Sistem Listrik Motor

 

Selain perawatan langsung pada komponen lampu, penting juga untuk memperhatikan penggunaan sistem listrik motor secara keseluruhan. Pastikan sistem pengisian daya dan kelistrikan motor berfungsi dengan baik.

Sistem kelistrikan yang berfungsi dengan baik akan membantu menjaga tegangan yang stabil pada lampu sistem rem. Sehingga, kinerja lampunya dan sistem listrik secara keseluruhan akan tetap terjaga.

Tips Penggunaan Sistem Listrik yang Baik pada Motor

Agar sistem listrik tetap berfungsi dengan baik dan kondisi lampu sistem rem tetap terjaga, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

 

  • Periksa Sistem Pengisian Daya Motor

 

Sistem pengisian daya pada motor, terutama alternator atau stator, memainkan peran penting dalam menjaga kinerja lampu sistem rem dan sistem listrik secara keseluruhan. Jadi, pastikan sistem pengisian daya motor Anda berfungsi dengan baik.

Periksa apakah ada tanda-tanda masalah seperti lampu indikator pengisian daya yang tidak menyala, baterai lebih cepat habis, atau tegangan tidak stabil. Jika ada gejala mencurigakan, segera periksa dan perbaiki atau ganti komponen yang rusak.

 

  • Cek Penggunaan Regulator Voltase Sepeda Motor

Baca Juga : Peran Penting Muffler dalam Sistem Knalpot Mobil

 

Regulator voltase memiliki peran penting dalam mengatur tegangan yang diterima oleh sistem listrik motor. Karena itu, pastikan menggunakan regulator voltase yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

Pasalnya, regulator voltase yang tidak tepat dapat menyebabkan tegangan yang tidak stabil pada sistem lampu, sehingga dapat merusaknya secara perlahan. Jadi, selalu periksa kondisinya secara berkala.

 

  • Ganti Aki Sesuai Standar

 

Terakhir, komponen aki yang sudah melemah atau rusak dapat menyebabkan ketidakstabilan pada sistem listrik. Apabila sistem listrik melemah, maka akan ikut berdampak pada sistem lampu.

Pastikan untuk menggunakan aki yang sesuai dengan standar kapasitas dan tipe yang direkomendasikan oleh produsen motor Anda. Periksa juga kondisi aki secara berkala, termasuk tingkat air aki dan kondisi terminalnya

Dengan melakukan perawatan rutin dan menerapkan tips penggunaan sistem listrik yang baik, maka kondisi lampu sistem rem akan tetap optimal. Semakin optimal kondisinya, maka akan semakin awet usia pakainya.

Oleh karena itu, lakukan servis rutin terhadap lampu rem dan komponen lain di bengkel resmi. Jika Anda adalah pengguna Suzuki, cek jadwal servis dan lakukan booking online terlebih dahulu melalui halaman https://www.suzuki.co.id/services.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya