Tips & Trik

Cara Membuat Lampu Rem Motor Lebih Awet

PUBLISHED DATE : 27 Juni 2023

Lampu Rem Motor

 

Terakhir, lakukan servis lampu secara berkala saat melakukan servis rutin di bengkel resmi. Servis tersebut bisa meliputi pembersihan lensa lampu, pemeriksaan koneksi kabel, hingga penggantian lampu yang rusak.

Jika ditemukan masalah pada komponen kelistrikan atau komponen lampu, segera ganti dengan komponen baru. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi yang melayani servis motor Anda.

Tips Perawatan Lampu Rem Motor agar Lebih Awet

lampu rem sepeda motor

Sumber: iStock

Selain menerapkan 5 tips di atas, Anda juga perlu melakukan perawatan komponen lampu secara mandiri. Berikut ini beberapa tips perawatan yang bisa diterapkan:

 

  • Bersihkan Lensa Lampu

 

Lensa lampu cenderung kotor karena terkena debu, kotoran, dan paparan cuaca. Kotoran yang menumpuk di lensa dapat mengurangi pencahayaan lampu, sehingga mengurangi efektivitasnya.

Baca Juga : Mau Pasang Action Cam di Helm? Ini Posisi yang Paling Tepat

Sebaiknya, gunakan kain lembut yang tidak akan menggores atau merusak permukaan lensa, lalu lap atau gosok secara perlahan untuk menghilangkan kotoran. Hindari penggunaan bahan kimia atau cairan pembersih keras, karena dapat merusak lensa.

 

  • Periksa Koneksi Kabel

 

Koneksi kabel yang baik sangat penting untuk memastikan lampu sistem rem berfungsi optimal. Jadi, lakukan pemeriksaan secara berkala terhadap koneksi kabel lampu. Periksa apakah ada kabel yang longgar, terkelupas, atau mengalami korosi.

Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan tidak ada tanda-tanda kerusakan. Jika ditemukan masalah pada koneksi kabel, segera perbaiki atau gantilah dengan kabel yang baru.

 

  • Ganti Lampu Jika Sudah Redup atau Rusak

 

Tips selanjutnya, lampu rem yang redup atau rusak perlu segera diganti untuk menjaga keamanan dan keandalan saat berkendara, sebab dapat mengurangi visibilitas pengendara di belakang Anda dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Jadi, periksa secara berkala kondisi lampunya. Jika ada tanda-tanda lampu tampak redup, berkedip, atau tidak menyala, segera gantilah dengan lampu yang baru sesuai dengan merek dan tipe motor Anda.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Komponen Kaki Mobil

Kaki Mobil: Penjelasan & Komponen

Ketika kita membicarakan kendaraan bermotor, seringkali kita fokus pada mesin, desain eksterior, atau fitur interior yang canggih. Namun, ada satu aspek yang sama pentingnya, yaitu...

selengkapnya