Tips & Trik

Cara Membuat Lampu Rem Motor Lebih Awet

PUBLISHED DATE : 27 Juni 2023

Lampu Rem Motor

 

  • Gunakan Lampu Orisinil (Sparepart Asli)

 

Penggunaan lampu rem orisinil, yaitu sparepart asli dari produsen motor sangat penting untuk menjaga lampu bagian rem agar tetap awet. Sebab lampu orisinil tentu telah dirancang dan diproduksi sesuai dengan standar yang telah ditentukan produsen.

Sebaliknya, menggunakan lampu yang tidak asli atau berkualitas rendah dapat menyebabkan lampu cepat rusak dan tidak memberikan kondisi pencahayaan yang sesuai. Jadi, pastikan untuk membeli lampu dari toko sparepart resmi.

 

  • Hindari Modifikasi Lampu yang Tidak Sesuai Standar

 

Terkadang ada pengguna motor yang ingin memodifikasi tampilan kendaraannya, misal dengan cara mengganti komponen lampu agar tampak lebih terang. Namun, hal ini bisa menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan motor hingga merusak lampu.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan lampu rem yang lebih terang dengan watt lebih besar, artinya akan membutuhkan daya yang lebih tinggi sehingga dapat membuat aki cepat drop atau bahkan rusak.

Karena itu, selalu ikuti spesifikasi lampu yang direkomendasikan oleh produsen motor Anda. Hindari penggunaan lampu yang tidak sesuai standar untuk menjaga keandalan sistem kelistrikan dan memperpanjang masa pakai lampunya.

Baca Juga : Resiko Helm yang Jarang Dicuci!

 

  • Hindari Ngebut di Jalan Rusak

 

Ternyata mengendarai motor dengan kecepatan tinggi di jalan atau medan yang rusak dapat mempengaruhi kondisi lampu dan sistem kelistrikan lain. Hal ini karena berkendara di jalan rusak bisa menyebabkan getaran yang lebih besar pada motor.

Getaran berlebihan dapat merusak komponen kelistrikan, termasuk lampu bagian rem. Sehingga, susunan kabel dan sambungan antar komponen dapat menjadi kendur atau longgar akibat adanya getaran tersebut.

 

  • Hindari Menempelkan Tangan di Tuas Rem

 

Agar lampu rem lebih awet, sebaiknya hindari menempelkan jari atau tangan pada tuas rem. Pasalnya, hal ini secara tidak sengaja dapat menyebabkan lampu sistem rem tetap menyala secara terus menerus.

Hal ini disebabkan oleh koneksi listrik yang terjadi saat tuas rem ditarik atau ditekan. Kemudian, arus listrik akan terhubung ke lampu bagian  rem dan membuatnya terus menyala tanpa Anda sadari.

 

  • Lakukan Servis Lampu Rem secara Berkala

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya