Tips & Trik

Bukan Hanya Estetika, Ini Fungsi Lain Cat Mobil!

PUBLISHED DATE : 17 September 2023

Mobil Suzuki

Cat ini juga memiliki kemampuan anti air sehingga dapat lebih melindungi komponen mobil Anda.

  • Urethane Primer

Selanjutnya, ada cat urethane primer atau sering disebut polyurethane. Ketahanannya terhadap karat terbilang sangat baik dan kualitas bahannya pun tinggi.

Hasil permukaan yang dilapisi cat ini dapat menjadi high gloss dan rata, sehingga bagus untuk mobil Anda.

  • Wash Primer

Ketiga, ada jenis wash primer yang mudah diaplikasikan dan cepat untuk mengering. Namun, jika bicara soal daya tahan terhadap karat, maka jenis ini kurang optimal dibandingkan kedua jenis sebelumnya.

  • Cat Surfacer

Kedua, ada lapisan cat surfacer yang menjadi perekat antara cat primer dengan lapisan selanjutnya. Selain itu, cat ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penyerapan oleh cat tahap akhir nantinya.

  • Urethane Surfacer

Cat jenis pertama ini memiliki kualitas yang sangat baik sebagai pelapis, namun proses untuk pengerjaannya terbilang cukup lama. Untuk mengeringkannya, dibutuhkan suhu 60 derajat celcius.

  • Lacquer Surfacer

Kedua, ada lacquer surfacer yang memiliki kemampuan cepat kering, sehingga pengerjaannya lebih mudah dibanding jenis pertama. Tetapi, kualitasnya tidak sebaik urethane surfacer ataupun  thermosetting amino alkyd.

  • Thermosetting Amino Alkyd

Baca Juga : Menjaga Kabin Mobil Tetap Bersih Dan Nyaman

Selanjutnya, ada thermosetting amino alkyd yang dapat membuat mobil terkesan baru. Cat jenis ini terbuat dari dua komponen utama, yaitu alkyd resin dan melamine.

  • Top Coat

Setelah dua tahap pengecatan telah dilakukan dengan jenis cat di atas, maka selanjutnya yaitu pengecatan dengan top coat.

Pada tahap ini, fungsi cat mobil yang dipakai dapat membuat tampilan mobil menjadi lebih doff atau glossy.

Dengan memakai jenis coating bening, maka Anda dapat memberikan berbagai jenis perlindungan untuk mobil Anda, misalnya dari paparan sinar ultraviolet.

Itulah penjelasan tentang cat body mobil, mulai dari fungsi hingga jenis-jenisnya. Bukan hanya tentang nilai estetika, namun berbagai perlindungan pun diberikan oleh cat tersebut. 

Tentu saja, fungsi cat mobil memang tidak bisa diremehkan. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang cat tersebut, silakan kunjungi laman berikut dan temukan dealer Body & Paint di berbagai wilayah Indonesia.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya