Tips & Trik

Bukan Hanya Estetika, Ini Fungsi Lain Cat Mobil!

PUBLISHED DATE : 17 September 2023

Mobil Suzuki

Ketika akan membeli mobil, biasanya tampilan mobil akan menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Bagi sebagian pembeli, hal ini bahkan menjadi aspek utama dalam memilih jenis mobil.

Cat pada mobil dapat menentukan berbagai hal terkait penampilan, misalnya untuk mendukung konsep atau tema dari mobil tersebut. Dengan pemilihan warna cat yang tepat, maka mobil Anda akan tampak lebih menarik.

  • Pelindung Mobil

Setelah membahas tentang estetika, saatnya masuk ke pembahasan fungsi cat mobil sebagai pelindung. Cat body mobil dapat menjadi pelindung untuk berbagai bagian mobil, khususnya yang ada di bagian eksterior.

Dengan adanya lapisan atau cat ini, maka mobil Anda dapat lebih terlindungi dari berbagai kondisi di sekitarnya, misalnya cuaca panas dan hujan. Dengan begitu, maka mobil lebih tahan terhadap risiko kerusakan eksterior.

Paparan sinar ultraviolet dapat berdampak buruk terhadap kualitas dari berbagai komponen eksterior mobil, sehingga diperlukan lapisan pelindung seperti cat ini.

Begitu pula dengan cuaca hujan yang dapat menimbulkan berbagai risiko untuk komponen luar pada mobil Anda.

  • Pemantul Cahaya

Fungsi cat mobil yang selanjutnya yaitu sebagai pemantul cahaya. Fungsi ini akan lebih terasa untuk cat yang berwarna terang.

Baca Juga : Cara Mencegah & Menghilangkan Karat Pada Bodi Mobil

Ketika berkendara pada siang hari, maka mobil akan memantulkan cahaya matahari. Selanjutnya, pada malam hari, cahaya lampu jalan dan berbagai jenis lampu lainnya dapat dipantulkan.

Dengan adanya pantulan cahaya tersebut, maka pengemudi yang lainnya dapat melihat mobil Anda dengan lebih mudah. Selanjutnya, hal ini dapat meningkatkan perhatian dan kewaspadaan sesama pengemudi.

Jadi, bisa disebutkan bahwa cat pada mobil juga memiliki fungsi dalam mendukung keamanan dan keselamatan berkendara. Namun, perlu dipastikan juga cat tersebut tidak mengganggu pengendara lain.

  • Peredam Panas

Supaya dapat menjaga suhu di dalam mobil tetap stabil dan tidak terlalu panas, maka berbagai komponen didesain untuk dapat menjadi peredam panas, salah satunya yaitu cat body mobil.

Fungsi cat mobil yang keempat yaitu dapat menjadi peredam panas. Fungsi ini juga dapat menjadi referensi untuk menentukan warna cat, karena nantinya dapat berpengaruh terhadap daya redamnya.

  • Peredam Suara

Selain dapat menjadi peredam panas, cat juga dapat berguna untuk meredam suara. Dengan begitu, suara dari luar dapat lebih terjaga supaya tidak masuk dan mengganggu bagian dalam mobil.

  • Fungsi Khusus sesuai Bahan Aditif yang Ditambahkan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya