Tips & Trik

Apa itu WFH dan Tips Kerja di Rumah Efisien

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/apa_itu_wfh.jpg

 

Dengan semakin parahnya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat pemerintah semakin tegas dalam mengeluarkan perintah dan menindak masyarakat yang masih ngeyel tidak mau nurut aturan Pemerintah. Salah satu kebijakan pemerintah adalah menerapkan PSBB di beberapa daerah. PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah diterapkan di beberapa daerah seperti Jakarta.

Jika sudah begitu tentu saja semua aktivitas akan terhambat mulai dari belajar, bekerja dan aktivitas lainnya menjadi tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Bagi kita yang bekerja tentu saja dialihkan dari yang biasanya datang ke kantor menjadi WFH. Lalu apa itu WFH? Apa pengertiannya?

Apa Itu WFH? Arti WFH Secara Lengkap

Baca Juga : Jangan Naik Motor Sambil Dengarkan Musik, Bahaya!

WFH adalah singkatan dari Work From Home. Dimana sesuai dengan artinya yang berarti pekerjaan dilakukan dari rumah. work from home banyak diartikan sebagai cara kerja karyawan atau pekerja yang bekerja di luar kantor, entah bekerja dari rumah, restoran atau cafe sesuai dengan keinginan dari karyawan atau pekerja tersebut.

WFH atau bekerja di rumah memang mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi. Hal ini tentu saja untuk mendukung keseimbangan dari karyawan untuk mengimbangi antara kehidupannya dan juga pekerjaan sebagai salah satu karyawan di suatu perusahaan.

Kelebihan Work From Home

Work From Home Fleksibel

Baca Juga : Apa Itu Hidrometer? Ketahui Ini Fungsi & Cara Menggunakannya

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika WFH ini lebih memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi kepada karyawan dibandingkan harus bekerja datang ke kantor setiap hari. Dengan WFH, karyawan bisa menentukan jam kerja sesuai dengan keinginan mereka. Hal ini karena setiap orang memiliki jam produktif yang berbeda-beda, jam kerja bukan lagi terpaku dengan sistem dari jam 8 hingga jam 5 sore.

Menghemat Biaya Pengeluaran Karyawan

Bagi para karyawan tentu saja WFH membawa manfaat yaitu bisa menghemat pengeluaran harian mereka. Hitung saja untuk biaya transportasi dan juga biaya makan yang harus dikeluarkan biasanya ketika bekerja datang ke kantor sekarang sudah tidak perlu dikeluarkan lagi karena mereka bekerja lewat Rumah.

Baca Juga : Mengapa Harus Memanaskan Mobil?

Bisa Lebih Dekat Dengan Keluarga

Berbeda dengan bekerja di kantor yang jauh dengan keluarga, dengan diterapkannya WFH atau work from home tentu saja bisa membuat kita menjadi lebih dekat dengan keluarga. Momen bersama keluarga bisa didapatkan seiring dengan berjalannya waktu. Waktu bersama keluarga bisa menjadi lebih banyak dengan adanya WFH.

Kekurangan Work From Home

tips_wfh.jpg

Jam Kerja Tidak Teratur

Memang sistem jam kerja WFH ini lebih fleksibel, namun jika kita tidak bisa mengatur jam kerja tersebut tentu saja malah bisa mengganggu kita. Jika kita terlalu memfleksibelkan diri maka kita tidak akan mempunyai batasan dari jam kerja sama seperti jam kerja seharusnya di kantor. Dampaknya Anda bisa terlalu mementingkan pekerjaan dan mengerjakannya selama 24 jam tiada henti dan mengabaikan keluarga.

Terganggu Oleh Keluarga

Tidak bisa dipungkiri terkadang kedekatan kita dengan keluarga malah bisa menjadi suatu gangguan kita dalam bekerja. Hal ini tentu saja bisa terjadi jika kita menjalani WFH. Salah satu kekurangan dari WFH adalah bisa saja kita terganggu oleh keluarga kita sendiri sehingga tidak bisa produktif mengerjakan sesuatu.

Bekerja Kurang Termotivasi

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/ertigaa1.jpg

Mengapa Harus Memanaskan Mobil?

Tidak memanaskan mobil setiap hari memang tidak menimbulkan resiko kerusakan pada kendaraan kesayangan Anda. Namun kegiatan memanaskan mobil tetap perlu dilakukan meskipun tidak se...

selengkapnya