Tips & Trik

Pengecekan Dasar Yang Harus Dilakukan Oleh Pengendara Kapal Pemula

PUBLISHED DATE : 25 Agustus 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-July-Blog-29-(1)-(1).jpg

Mengendarai alat transportasi air tentu memiliki tantangan tersendiri. Selain harus berjibaku dengan cuaca, angin serta ombak. Kemampuan dalam mengidentifikasi gejala permasalahan yang terjadi pada mesin perahu motor tempel atau mesin kapal tempel juga jadi faktor yang mempengaruhi kelancaran selama berkendara. 

Bagi Anda pengendara kapal pemula, berikut adalah beberapa komponen yang perlu Anda cek sebelum Anda berkendara dengan mesin kapal tempel Anda. 

Pastikan Tidak Muncul Suara Mengganggu Dari Mesin

Baca Juga : Tips Aman Naik Motor untuk Wanita Berhijab

Sebagai pengendara kapal pemula, sebaiknya Anda harus lebih peka terhadap kondisi mesin. Cara paling mudah mengidentifikasi masalah pada perahu motor atau mesin kapal tempel Anda adalah munculnya sura yang tidak wajar.  Suara yang tidak normal bisa terdengar lirih di awal kemudian menjadi lebih keras karena kerusakan semakin parah. Cara mudah untuk memeriksanya adalah mendengarkan bunyinya dari jarak dekat dan amati beberapa saat apakah suara masih terdengar normal. Namun jika tidak, segera periksa mesin lebih lanjut.  mengetahuinya adalah mendengarkan suara mesin dari jarak yang dekat.

Getaran Mesin

Ciri lainnya dari mesin perahu motor yang bermasalah adalah timbulnya getaran yang cukup terasa hingga ke bodi kapal atau perahu. Cari tahu penyebab getaran dan perhatikan secara seksama apakah pergerakan kapal jadi berubah. Biasanya kendala ini bisa disebabkan salah satu baut yang kendur sehingga perlu dikencangkan. Menganalisis getaran secara berkala saat melaut sangatlah penting karena bisa mencegah kerusakan semakin parah. 

Baca Juga : Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Bau Dan Asap Yang Keluar Dari Mesin 

Kerusakan pada mesin kapal tempel juga bisa dideteksi dari bau yang tercium. Jika Anda mencium bau seperti gosong pada bagian mesin, segera periksa lebih lanjut karena bisa jadi ada bagian dari penyimpanan oli yang bocor, atau kabel yang terbakar. Selain itu biasanya mesin yang bermasalah akan mengeluarkan asap berlebih.

Perawatan Kapal Dengan Servis Berkala  

Baca Juga : Cara Mengatasi Mobil Yang Mulai Menurun Performanya

Jadwalkan servis rutin mesin tempel atau motor tempel Anda di Suzuki Marine. Idealnya Anda bisa melakukan servis setiap setahun sekali, namun jika intensitas penggunaan motor tempel Anda cukup tinggi servis rutin bisa dilakukan setiap menempuh 200 jam perjalanan. Mintalah pada teknisi untuk melakukan servis pada thermostat dan pompa air, hal ini bertujuan untuk menghilangkan sumbatan kecil di saluran pompa sehingga sistem pendingin motor tempel Anda dapat berfungsi secara optimal. Cari tahu seputar servis motor tempel Anda dengan mengunjungi https://www.suzuki.co.id/services 

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tips_Pintar_Memilih_Jaket_Riding.png

Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Jaket merupakan salah satu perlengkapan safety riding yang posisinya hampir sama dengan helm dan aksesoris keselamatan lainnya. Selain menahan sergapan angin selama berkendara, jak...

selengkapnya