Tips & Trik

Cek Sebelum Berkendara! Cara Terhindar Dari Kendala Di Laut

PUBLISHED DATE : 24 Januari 2023

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Jan-Blog-2.jpg

Bagi para pemilik perahu air, tentunya tahu bahwa bagian dari perahu yang sangat penting adalah mesin perahu tempel. Selain mudah digunakan dan dibawa-bawa, mesin perahu tempel juga tak kalah berperforma sehingga bisa jadi solusi kebutuhan transportasi air Anda. Agar mesin tempel tetap dalam kondisi prima, cek terlebih dahulu beberapa bagian berikut ini agar perjalanan Anda di perairan tidak mengalami kendala. Terlebih jika mesin tempel Anda sudah lama tidak digunakan.

  • Periksa Dan Bersihkan Mesin Tempel 

Salah satu masalah umum yang terjadi pada mesin tempel adalah mesin yang sulit dihidupkan. Sebelum berkendara, periksa dulu mesin tempel Anda dan pastikan hal ini tidak terjadi. Periksa apakah ada penumpukan garam dan kotoran pada mesin, yang mengganggu sistem pengapian. Periksa juga bagian pembakaran dan pastikan tidak terdapat kerusakan yang berpotensi menimbulkan korsleting saat mesin dihidupkan.

  • Periksa Bahan Bakar 

Jika Anda menggunakan mesin tempel yang sudah lama tidak digunakan, Anda mungkin menemukan bahwa mesin dengan sisa-sisa bahan bakar yang sudah lama juga. Sebelum menggunakannya, pastikan sisa bahan bakar yang tersimpan tersebut masih dalam keadaan layak pakai. Sebab bahan bakar yang lama tersimpan dalam mesin yang diam, bisa jadi sudah terkontaminasi kotoran yang dapat menyebabkan masalah pada mesin, termasuk kehilangan tenaga dan akselerasi yang buruk. Bahkan, pada situasi tertentu, mesin bisa jadi rusak. Jika Anda tidak yakin dengan kualitas bensin Anda, sebaiknya lakukan kuras tangki sebelum menggunakan mesin tempel agar perjalanan Anda tetap lancar. 

  • Cek Kondisi Oli

Baca Juga : Cari Tahu Mana Mesin Perahu Keluaran Suzuki Marine Yang Tepat Untuk Anda

Oli pada mesin tempel yang sudah lewat usia pakai dapat menyebabkan mesin tempel jadi kurang efisien. Sebelum berkendara, pastikan untuk mengganti oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Periksa level oli secara teratur dan isi sesuai kebutuhan. Ini akan membantu menjaga mesin tetap terlumasi dan melindunginya dari keausan. Ganti oli dan filter juga secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan agar mesin terhindar dari penumpukan kotoran. Periksa juga sistem bahan bakar apakah ada kebocoran atau penyumbatan untuk mencegah masalah saat menghidupkan atau atau mematikan mesin. 

  • Busi Masih Layak Pakai

Endapan oli dan kotoran bisa mengotori busi dan menyebabkan mesin macet. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti busi sesuai kebutuhan agar mesin tetap bisa mendapatkan sumber pemantik api yang baik untuk proses pembakarannya. Busi yang kotor atau aus tak hanya menyebabkan performa mesin jadi menurun dan terasa kasar tapi juga mengurangi kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar. Busi yang tidak diganti secara teratur pada akhirnya bisa rusak dan menyebabkan mesin mati total. Untuk alasan ini, penting untuk memeriksa dan mengganti busi Anda secara berkala sesuai kebutuhan. 

  • Kunjungi Suzuki Marine

Jika Anda ragu dengan kondisi mesin tempel yang akan digunakan, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan profesional. Kunjungi bengkel Suzuki Indonesia untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan. Lakukan juga servis rutin untuk menjaga kondisi mesin tempel tetap prima. Dengan tim teknisi yang  terampil dan berpengalaman, dapatkan pelayanan terbaik untuk memastikan mesin tempel Anda bekerja dengan optimal.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Jenis dan Fungsi Helm Yang Perlu Diketahui

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya