Tips & Trik

Biar Aman, Ini Cara Mengisi Air Radiator Mobil yang Benar

PUBLISHED DATE : 24 November 2020

Air Radiator Mobil

Meskipun jarak batas maksimum dengan tutup reservoirnya terbilang masih jauh, hentikan pengisiannya. Bila pengisian melebihi batas maksimum, ada hal yang sangat dikhawatirkan ketika mobil tengah berjalan.

Ketika mesin hidup dan mobil berjalan, air radiator akan mengalami sirkulasi yang nantinya akan kembali ke tabung lagi.

Jika air radiator dalam kondisi terlalu penuh, pasti akan secara langsung mengarah pada bagian pembuangan.

Sebagaimana sebelumnya dijelaskan, jangan lupa, ketika Anda melakukan pengisian air radiator, mesin mobil harus dalam kondisi menyala. Hal ini dilakukan agar air yang berada pada sistem pendingin mesin semuanya keluar dan diganti dengan air radiator yang baru.

Namun, sebelum Anda hendak menghidupkan mesin, pastikan AC dalam keadaan mati. Kemudian, Anda dapat menghidupkan mesin sampai setengah temperatur dan tunggu sampai kipas yang ada pada radiator berputar.

Perlu Anda ketahui, cairan yang bisa digunakan untuk mengisi radiator sangatlah banyak. Salah satunya adalah air biasa, seperti air dari kran. Namun, air biasa seperti ini titik didihnya rendah dan saat menguap memiliki kadar yang tinggi, sehingga akan cepat habis.

Baca Juga : Yuk Mengenal Arti Warna Kabel Mobil dan Fungsinya

Meski mengisi radiator juga bisa menggunakan air biasa, namun yang paling disarankan dan dinilai paling tepat dalam hal ini adalah coolant.

Coolant merupakan cairan khusus yang dapat menyerap panas dengan baik dan mencegah terjadinya korosi, sehingga sangat aman digunakan.

Jangan Lupa Menutupnya Sampai Rapat

Langkah terakhir dari cara mengisi air radiator adalah memastikan menutup penutup tabung radiatornya sampai rapat. Jika Anda tidak menutupnya hingga benar-benar rapat, dikhawatirkan ketika mesin menyala dan radiator mendapatkan tekanan, air dapat meluber dan tutupnya terpental.

Akan sangat membahayakan jika air radiator yang meluber tersebut sampai mengenai komponen yang ada pada mesin mobil, karena dapat mengakibatkan mesin menjadi panas. Apabila keadaan seperti itu dibiarkan, maka secara tiba-tiba mesin mobil Anda bisa mati.

Mudah bukan cara mengisi air radiator mobil Anda? Namun, harus benar-benar diperhatikan ya saat Anda hendak melakukan pengisian air radiator, agar tetap aman dan mesin dapat bekerja dengan baik dan maksimal. terapkan juga panduan di atas dengan baik.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya