Tips & Trik

Banyak yang Gak Tahu, Ini Fungsi Setel Klep Motor

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Setel Klep

Klep motor tentu saja harus disetel ulang apabila kondisinya sudah tidak dalam kriteria baik. Mengingat fungsinya yang sangat kompleks, tentu ada baiknya jika Anda lebih teliti dalam merawat klep sebagai salah satu komponen penting pada motor ini.

Dalam hal ini, Anda juga harus paham apa saja tanda bahwa klep harus disetel ulang agar tidak terlambat. Beberapa hal yang dapat dijadikan acuan sebagai tanda bahwa klep motor harus disetel ulang antara lain sebagai berikut.

  • Munculnya suara ngelitik pada mesin

Kondisi klep tentu saja tidak akan baik-baik saja selamanya. Apalagi jika frekuensi pemakaian yang cukup sering, maka kondisi klep juga sebaiknya lebih cermat lagi untuk dipantau. Klep akan mengeluarkan tanda bila sudah tidak dalam kondisi stabil untuk melakukan kinerjanya.

Salah satu tanda ini adalah mesin dapat mengeluarkan suara menggelitik. Ini bisa menjadi tanda pertama yang muncul ketika klep sudah mengalami pelebaran atau pengikisan pada bagian permukaan gesek dan retainer capnya.

  • Tarikan Terasa Lebih Berat

Tanda selanjutnya yang biasanya muncul ketika klep sudah tidak lagi stabil dan perlu diganti adalah tarikan mesin terasa berat. Namun demikian, ini juga bisa menjadi gejala dari komponen lain yang mendapat masalah. Mengingat hal itu, sebaiknya diperiksa dulu untuk memastikan seberapa kerusakannya.

  • Mesin menjadi lebih panas pada saat digunakan

Baca Juga : Apa Itu Relay Mobil? Ketahui Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Pada saat kendaraan digunakan, tentu saja mesin akan mengalami kenaikan suhu. Kondisi ini sebenarnya wajar bila mesin tidak menjadi cepat panas. Pasalnya, mesin yang menjadi lebih cepat panas ketika digunakan bisa saja menjadi tanda klep harus segera disetel ulang.

Tips Perawatan Klep Motor

Perawatan yang baik untuk klep motor memang sangat perlu dilakukan. Anda dapat mengeceknya sehingga dapat menggantinya secara berkala bila ditemukan kondisi yang sudah tidak baik pada klep.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan klep adalah dengan memperhatikan jarak baut pelatuk klep. Ukuran masing-masing jenis klep memang sangat sedikit bedanya, namun kebocoran dapat terjadi bila ukuran klep tidak saling sesuai antara satu dengan yang lain.

Tidak masalah untuk setel klep sendiri bila sudah mendapati klep dalam kondisi cukup bermasalah. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikannya dengan anjuran pabrik. Meskipun demikian, sebaiknya penyetelan klep dilakukan di bengkel resmi Suzuki terdekat.

Pembenahan pada bengkel resmi akan meminimalisir risiko kesalahan pemasangan. Selain itu, bengkel resmi Suzuki dapat dipercaya untuk memilihkan komponen yang tepat dalam perbaikan kendaraan Anda.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya