Tips & Trik

Banyak yang Gak Tahu, Ini Fungsi Setel Klep Motor

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Setel Klep

Pengoperasian kendaraan bermotor tentu dapat berjalan dengan baik saat kondisi komponen pendukungnya dinilai cukup maksimal performanya.

Komponen yang dimaksud ini mulai dari yang ukurannya besar seperti penyusun body kendaraan, hingga bagian terkecil seperti klep motor.

Komponen kecil ini dapat memiliki fungsi yang signifikan. Ada keadaan tertentu dimana kendaraan tidak dapat dijalankan dengan baik karena klepnya tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Berikut sedikit ulasan mengenai fungsi klep dan bagaimana perawatannya yang baik

Sekilas Tentang Klep Motor

Semakin besar mesin yang bekerja, maka semakin besar pula pengamanan yang perlu digunakan. Mungkin seperti itu prinsip sederhana dari penggunaan komponen kendaraan bermotor. Hal ini tentu ada kaitannya dengan klep yang akan dibahas.

Klep motor adalah salah satu komponen motor yang tentu saja memiliki peran dalam mendukung performa kendaraan. Komponen ini sering disebut sebagai pengaman mesin kendaraan.

Adanya komponen ini sepertinya tidak di setiap jenis motor. Beberapa sumber lain menyatakan bahwa klep ini hanya terdapat pada mesin motor 4 tak. Tentu saja ini menandakan bahwa motor jenis 2 tak tidak membutuhkan klep untuk menunjang kinerjanya.

Fungsi Setel Klep Motor

Baca Juga : Universal Joint : Pengertian, Fungsi, dan Komponennya

Seperti yang telah disebutkan di atas, klep ini dimiliki oleh kendaraan 4 tak. Ini menandakan bahwa klep memiliki fungsi khusus. Hal tersebut menandakan bahwa setel klep dengan baik sangat perlu diperhatikan untuk menunjang performa kendaraan. Berikut sedikit gambaran mengenai fungsi setel klep motor ini.

  • Berperan Sebagai Sekat

Pada kendaraan bermotor tentu terjadi proses pembakaran. Saat kendaraan mulai melakukan kinerjanya dengan peran mesin, ada kepulan asap yang menunjukkan itu adalah buangan dari hasil pembakaran.

Sebelum menuju ke knalpot yang bertugas membuang hasil pembakaran, terdapat klep yang berfungsi sebagai pemisah antara pintu ruang bakar dan udara keluar. Klep disini berfungsi sebagai pengendali sirkulasi agar tidak terjadi pencampuran zat yang dapat menimbulkan ketidaknormalan pada motor.

  • Memasukkan Material Pembakaran Diruang Bakar

Proses pembakaran tentu saja melibatkan sesuatu yang harus dibakar. Material yang akan dibakar ini akan disampaikan ke ruang bakar oleh klep. Adanya klep ini juga akan mengunci material yang akan dibakar di dalam ruang bakar, sehingga tidak terjadi kebocoran ketika proses pembakaran berlangsung.

  • Mengeluarkan Zat Sisa Pembakaran Dari Ruang Bakar

Fungsi lanjutan dari klep ini setelah memasukkan material ke ruang bakar dan menguncinya ketika pembakaran terjadi, maka tahap selanjutnya yang terjadi adalah pembuangan. Fungsi klep di sini adalah untuk mengeluarkan zat sisa atau zat buangan dari proses pembakaran dari ruang bakar.

fungsi_klep

Bagian-Bagian Klep

Fungsi klep sangat kompleks sehingga perlu diperhatikan kondisinya. Bila menemukan sedikit saja kerusakan pada bagian tertentu klep, tindakan yang perlu dilakukan sebaiknya adalah membawanya ke bengkel resmi dan menggantinya.

Mengawasi kondisi pada bagian klep bisa dilakukan secara berkala. Namun, dalam hal ini, penting sekali untuk mengenali bagian klep sehingga akan mudah menemukan bagian mana saja yang yang mengalami kerusakan. Beberapa bagian klep motor yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

  • Batang Klep

Ada beberapa bagian dari klep yang dapat diamati secara langsung. Salah satunya adalah batang klep. Batang ini terlihat memiliki ukuran yang lebih panjang dari bagian lainnya. Bagian ini memiliki karakteristik warna yang transparan atau bening.

  • Daun Klep

Bagian klep selanjutnya adalah daun klep. Bagian daun katup terlihat melingkar dan menyatu pada bagian batang klep. Daun klep atau daun katup ini juga yang membantu melekatnya bagian permukaan gesek pada klep.

  • Permukaan Gesek

Bagian permukaan gesek bisa disebut sebagai bagian yang memiliki peran penunjang utama yang mendukung fungsi klep. Permukaan gesek ini nantinya akan menentukan apakah katup mengalami kebocoran atau tidak. Ukuran inilah yang nantinya harus disesuaikan agar mudah menghindari kebocoran.

  • Pegas

Pada kondisi sedang tidak tertekan atau free, klep perlu ditahan agar tidak tertutup. Fungsi ini dapat dilakukan oleh salah satu komponen klep yang disebut dengan pegas.

  • Retainer

Bagian retainer adalah komponen yang terdapat dalam bagian dalam daun katup. Bagian ini akan mengunci retainer cap yang menempel pada batang katup sehingga tidak terlepas.

  • Retainer cap

Bagian terakhir dari komponen penyusun klep adalah retainer cap. Bagian ini adalah yang paling erat dengan permukaan gesek. Fungsi utamanya adalah sebagai dudukan yang terletak di atas katup yang menempel di batang klep.

Tanda Klep Motor Harus Disetel Ulang

Klep motor tentu saja harus disetel ulang apabila kondisinya sudah tidak dalam kriteria baik. Mengingat fungsinya yang sangat kompleks, tentu ada baiknya jika Anda lebih teliti dalam merawat klep sebagai salah satu komponen penting pada motor ini.

Dalam hal ini, Anda juga harus paham apa saja tanda bahwa klep harus disetel ulang agar tidak terlambat. Beberapa hal yang dapat dijadikan acuan sebagai tanda bahwa klep motor harus disetel ulang antara lain sebagai berikut.

  • Munculnya suara ngelitik pada mesin

Baca Juga : Penyebab Busi Motor Cepat Rusak

Kondisi klep tentu saja tidak akan baik-baik saja selamanya. Apalagi jika frekuensi pemakaian yang cukup sering, maka kondisi klep juga sebaiknya lebih cermat lagi untuk dipantau. Klep akan mengeluarkan tanda bila sudah tidak dalam kondisi stabil untuk melakukan kinerjanya.

Salah satu tanda ini adalah mesin dapat mengeluarkan suara menggelitik. Ini bisa menjadi tanda pertama yang muncul ketika klep sudah mengalami pelebaran atau pengikisan pada bagian permukaan gesek dan retainer capnya.

  • Tarikan Terasa Lebih Berat

Tanda selanjutnya yang biasanya muncul ketika klep sudah tidak lagi stabil dan perlu diganti adalah tarikan mesin terasa berat. Namun demikian, ini juga bisa menjadi gejala dari komponen lain yang mendapat masalah. Mengingat hal itu, sebaiknya diperiksa dulu untuk memastikan seberapa kerusakannya.

  • Mesin menjadi lebih panas pada saat digunakan

Pada saat kendaraan digunakan, tentu saja mesin akan mengalami kenaikan suhu. Kondisi ini sebenarnya wajar bila mesin tidak menjadi cepat panas. Pasalnya, mesin yang menjadi lebih cepat panas ketika digunakan bisa saja menjadi tanda klep harus segera disetel ulang.

Tips Perawatan Klep Motor

Perawatan yang baik untuk klep motor memang sangat perlu dilakukan. Anda dapat mengeceknya sehingga dapat menggantinya secara berkala bila ditemukan kondisi yang sudah tidak baik pada klep.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan klep adalah dengan memperhatikan jarak baut pelatuk klep. Ukuran masing-masing jenis klep memang sangat sedikit bedanya, namun kebocoran dapat terjadi bila ukuran klep tidak saling sesuai antara satu dengan yang lain.

Tidak masalah untuk setel klep sendiri bila sudah mendapati klep dalam kondisi cukup bermasalah. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikannya dengan anjuran pabrik. Meskipun demikian, sebaiknya penyetelan klep dilakukan di bengkel resmi Suzuki terdekat.

Pembenahan pada bengkel resmi akan meminimalisir risiko kesalahan pemasangan. Selain itu, bengkel resmi Suzuki dapat dipercaya untuk memilihkan komponen yang tepat dalam perbaikan kendaraan Anda.

Berita Lainnya