Tips & Trik

Apa Fungsi Sistem Bahan Bakar? Ketahui Ini Komponennya

PUBLISHED DATE : 18 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/15__Xl7.jpg

Dalam sebuah kendaraan, pasti terdapat sistem bahan bakar. Meskipun namanya cukup familiar, namun apakah Anda tahu apa sebenarnya fungsi dari sistem tersebut?.

Supaya tidak salah paham, berikut akan dijelaskan mulai dari pengertian, fungsi, komponen, hingga cara kerjanya.

Sekilas Tentang Sistem Bahan Bakar

Baca Juga : Mau Aki Basah Awet? Begini Tipsnya!

Bagi pemilik kendaraan, Anda pasti sudah pernah menjumpai yang namanya sistem pembakaran atau bahan bakar. Sistem ini merupakan salah satu bagian vital pada kendaraan karena memiliki fungsi yang sangat penting.

Singkatnya, suatu kendaraan tidak akan bisa hidup tanpa adanya sistem tersebut. Nah, sistem pada bahan bakar sendiri ada dua macam, yaitu konvensional dan injeksi. 

Sistem konvensional umumnya masih menggunakan karburator saat mencampurkan udara dan bahan bakar.

Baca Juga : Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Waktunya untuk Diganti

Sedangkan sistem injeksi menggunakan injektor dalam mengabutkan bahan bakarnya. Walaupun sistem injeksi dapat membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat, namun sebagian pengguna tetap memilih kendaraan dengan sistem konvensional.

Hal tersebut karena kendaraan dengan mesin konvensional memiliki harga yang lebih murah. Selain itu, perawatan mesin kendaraan dengan sistem konvensional juga dianggap lebih mudah.

Apa saja fungsi bahan bakar, cek di halaman berikutnya.

Baca Juga : Yuk Simak, Ini Cara Merawat Radiator Mobil

______________________________________________________________________________________________

Fungsi Sistem Bahan Bakar Secara Umum

Secara umum, mesin bahan bakar merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang berfungsi menyimpan bahan bakar dan menyalurkannya ke seluruh bagian mesin. Selain itu, sistem ini pula yang kemudian mengabutkan bahan bakar supaya tercampur dengan udara.

Lebih menariknya lagi, sistem tersebut mampu mengatur rasio antara bahan bakar dan udara pada beban dan kecepatan yang berbeda. Dengan demikian, jumlah campuran yang disuplai antara udara dan bahan bakar akan selalu tepat meskipun berada dalam kondisi yang berbeda.

Komponen-Komponen Sistem Bahan Bakar

Untuk menghasilkan kinerja mesin yang baik, setiap komponen sistem bahan bakar tentu bekerja sama satu sama lain. Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja komponen dalam sistem tersebut, berikut ini akan diulas secara rinci.

Fuel Pump

Komponen pertama yang harus Anda ketahui bernama fuel pump. Fuel pump memiliki peran yang sangat penting dalam memompa bensin. Dengan demikian, bensin yang berada dalam fuel tank dapat disalurkan menuju karburator.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya