Tips & Trik

Apa Fungsi Sistem Bahan Bakar? Ketahui Ini Komponennya

PUBLISHED DATE : 18 Maret 2022

15  Xl7

Selain itu, fuel tank juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat menampung bensin yang tidak lagi layak digunakan. Oleh sebab itu, sangat tidak mungkin apabila suatu kendaraan tidak memiliki fuel tank.

Fuel Filter

Kemudian, untuk komponen yang ketiga adalah fuel filter. Fuel filter ini umumnya ada pada kendaraan yang menggunakan karburator atau sistem konvensional. Komponen tersebut dapat Anda temukan diantara fuel tank dan karburator.

Untuk kegunaannya, fuel filter berfungsi menyaring semua kotoran yang mungkin ikut terbawa bensin dari fuel tank. Selain itu, fuel filter ternyata juga mampu memisahkan bensin dan air yang sebelumnya tidak sengaja tercampur saat berada dalam fuel tank.

Fuel Delivery Line

Komponen selanjutnya yaitu fuel delivery line.  Fuel delivery line juga merupakan komponen khusus dalam sistem bahan bakar konvensional. Komponen tersebut berperan penting dalam mengalirkan bensin dari tempat penyimpanan menuju karburator.

Cek bahan pembuat fuel delivery di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Fuel delivery biasanya terbuat dari pipa besi yang anti karat. Pipa tersebut kemudian dikombinasikan dengan selang karet khusus di beberapa bagiannya.

Baca Juga : Trik Mendeteksi Kerusakan Shockbreaker Motor

Karburator

Pada pembahasan sebelumnya, memang telah disebutkan istilah karburator. Namun, apakah Anda sudah tahu apa sebenarnya karburator itu? Karburator merupakan salah satu komponen pada sistem pembakaran yang berfungsi mengubah cairan menjadi kabut.

Melihat sangat pentingnya fungsi karburator pada suatu kendaraan, tentu kendaraan tidak akan bisa beroperasi apabila karburator mengalami kerusakan.

Untuk itu, komponen yang satu ini sangat perlu diperhatikan kondisinya supaya tidak mengganggu kinerja mesin kendaraan.

Charcoal Canister

Terkait apa fungsi sistem bahan bakar, charcoal canister juga memiliki peranan yang tak kalah penting. Komponen tersebut sangat berguna dalam menampung uap yang dihasilkan dari tangki bahan bakar.

Uap-uap yang ditampung selanjutnya akan dikirim ke tempat pembakaran melalui intake manifold. Dengan demikian, tidak akan terjadi polusi udara meskipun ada uap yang dihasilkan dari pembakaran.

Cara Kerja Sistem Bahan Bakar pada Kendaraan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya