Tips & Trik

Tips Merawat Kunci Kontak Motor Agar Awet

PUBLISHED DATE : 14 Juli 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tips_Merawat_Kunci_Kontak_Motor_Agar_Awet.png

Tidak sedikit pemilik motor yang hanya memperhatikan perawatan pada bagian mesin saja. Padahal bagian-bagian lain juga penting untuk dirawat dan salah satunya adalah kunci kontak. Risiko yang mungkin harus Anda hadapi jika tidak memperhatikan perawatan kunci kontak adalah menjadi longgar dan akhirnya kunci menjadi mudah sekali lepas.

Anda sudah pasti tidak ingin jika tiba-tiba kunci hilang entah dimana saat sedang berkendara di jalan umum bukan? Karena itulah sebaiknya lakukan perawatan kunci kontak Anda secara rutin. Cara merawat kunci kontak supaya tetap awet dan tidak cepat longgar tidak terlalu sulit dan Anda cuma perlu menyisihkan waktu beberapa menit untuk melakukan perawatannya. Berikut adalah caranya.

  1. Selalu tutup penutup kunci saat kunci dilepas

Hampir semua motor buatan tahun 2012 ke atas sudah dilengkapi dengan penutup kunci, bahkan untuk beberapa tahun terakhir, penutup kunci ini otomatis tertutup saat kunci dilepas. Fungsi penutup kunci ini selain agar lebih aman adalah supaya lubang kunci tidak kemasukan air atau debu.

Baca Juga : Tanda-Tanda AC Mobil Sedang Bermasalah

Ingat, air dan debu yang masuk pada lubang kunci bisa menyebabkan bagian dalam lubang kunci rusak atau berkarat dan nantinya bisa mengganggu pemakaiannya.

  1. Semprotkan cairan pelumas

Sesekali lumasi lubang kunci kontak dengan menyemprotkan cairan penetran. Ini akan membuat kunci kontak bisa tetap berfungsi normal. Namun ingat ya jangan pakai oli bekas yang jusrru bisa  mengotori kunci kontak.

  1. Kunci macet? Jangan Dipaksakan!

Jangan sekali-kali memaksakan kunci kontak saat tiba-tiba macet. Kenapa? Karena berisiko membuat lubang kunci rusak dan longgar. Jika kunci macet, coba semprotkan cairan pelumas atau tetesi sedikit oli atau minyak dan tunggulah beberapa menit lalu coba putar kunci pada posisi ON dan OFF. Ingat, jangan memakai oli bekas ya!

  1. Pakai gantungan kunci yang ringan

Baca Juga : Jangan Asal, Begini Cara Kencangkan Mur Roda Mobil yang Benar!

Gantungan kunci bertugas untuk membantu pemilik kendaraan lebih mudah menemukan kunci saat ialupa menaruhnya. Tapi ingat, gantungan pada kunci yang terlalu berat bisa membuat lubang menjadi longgar.

Itulah beberapa tips merawat kunci kontak agar awet. Jika Anda mengalami masalah dengan kunci kontak, segeralah bawa motor Anda ke bengkel motor resmi Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya