Tips & Trik

4 Komponen Motor yang Wajib Dicek Sebelum Riding di Musim Hujan

PUBLISHED DATE : 09 Februari 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/4_Komponen_Motor_yang_Wajib_Dicek_Sebelum_Riding_di_Musim_Hujan.jpg

Hujan kembali menyapa wilayah Jabodetabek di awal tahun 2019 ini. Bagi pengendara motor yang sering beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk memberi perhatian lebih pada motornya.  Sebelum mengendarai motor di kondisi hujan atau jalanan basah, ada beberapa komponen motor yang sebaiknya dicek untuk memastikan keamanan pengendara ketika riding. Apa saja? Berikut adalah 4 di antaranya.

1. Ban

Ban perlu dipastikan masih dalam kondisi bagus. Bagus di sini artinya ban tidak boleh aus dan harus masih punya alur atau kembangan yang cukup untuk bisa mengalirkan air. Hal ini penting karena sangat bahaya jika pakai ban botak, khususnya saat hujan karena tidak ada alur untuk buangan air yang ada di permukaan jalan. Kalau memang sudah menyentuh batas TWI (Tread Wear Indicator) sebaiknya ban segera diganti.

Baca Juga : Meningkatkan Kenyamanan Pada Saat Mengendarai Motor Matik

2. Kampas rem

Komponen selanjutnya yang sebaiknya dicek adalah kampas rem. Ketika musim hujan, peran komponen yang satu ini menjadi lebih vital untuk bisa menghentikan laju kendaraan dengan baik. Pastikan kampas rem motor masih tebal dan masih layak pakai di kondisi jalanan yang basah.

3. Minyak rem

Baca Juga : 7 Cara Merawat Gear dan Rantai Motor Agar Awet

Agar pengereman lebih maksimal di jalanan yang basah, selain kampas rem yang masih prima, jangan lupa juga pastikan minyak rem masih cukup dan tidak kurang.

4. Oli

Pastikan oli motor tidak mengalami kebocoran karena jika bocor jalanan yang basah akan semakin licin.

Baca Juga : Apa Itu Bore Up Motor? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Selain memastikan empat komponen tersebut yang sudah disebutkan aman, pengendara motor juga perlu menjaga perilaku berkendara yang aman saat musim hujan. Ketika berkendara dalam kondisi hujan, jangan memacu kendaraannya kencang-kencang. Agar aman, maksimal 50km/jam saja.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya