Tips & Trik

Penyebab Lampu Motor Kadang Nyala Kadang Mati & Solusinya

PUBLISHED DATE : 03 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/104096325_s_(1).jpg

Lampu sepeda motor seringkali nyala mati? Apa penyebab lampu motor kadang nyala kadang mati ini? Kerusakan pada lampu motor tentu sangat mengganggu apalagi jika Anda sering bepergian di malam hari. 

Lampu menjadi komponen vital selain mesin yang juga harus diperhatikan. Baik itu perawatan dan penggantian harus diganti ketika sudah waktunya.

Bagi Anda pemilik sepeda motor harus tahu apa saja penyebab lampu nyala mati dan solusinya. 

Baca Juga : Motor Injeksi Tidak Perlu Dirawat, Yakin?

12 Penyebab Lampu Motor Kadang Nyala Kadang Mati Lengkap dengan Solusinya 

Cukup menjengkelkan ketika lampu bermasalah padahal Anda sedang melewati jalanan berkabut atau gelap. Tidak ada penerangan jalan yang membantu dan posisi Anda cukup membahayakan kendaraan lain khususnya dari arah berlawanan. 

Tidak adanya lampu kendaraan atau sering nyala mati dapat memicu terjadinya kecelakaan. Padahal penyebabnya bisa saja sepele dan dapat Anda perbaiki sendiri. 

Baca Juga : Apa itu ABS? Simak Penjelasan Lengkap Tentang ABS Sekarang

Segera cek beberapa penyebab berikut ini supaya Anda bisa lebih nyaman berkendara. 

  • Usia Pakai Komponen yang Sudah Lama 

Penyebab lampu motor kadang nyala kadang mati yang pertama adalah komponen lampu sudah melebihi usia pakainya. Misalnya saja bohlam lampu depan, biasanya memiliki usia tiga sampai empat tahunan. 

Apabila  melebihi masa pakai tersebut wajar jika lampu mulai bermasalah mulai dari sering nyala dan mati. Akhirnya lampu bisa saja mati dan Anda harus menggantinya dengan yang baru. 

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Fungsi CDI Motor dan Cara Kerjanya

Cek juga komponen lainnya seperti kabel dan juga saklar yang mungkin saja melewati usia pakainya. Gantilah komponen yang sudah rusak tersebut menggunakan produk baru dan asli. 

  • Bohlam Lampu Tidak Asli 

Kerusakan lampu juga terjadi ketika Anda tidak menggunakan lampu bohlam asli. Lampu mungkin saja menyala berkedip dan mudah mati dalam waktu dekat. Beberapa produk kualitas rendah bahkan akan mati setelah beberapa bulan. 

Efek lainnya bukan hanya lampu nyala mati tetapi juga pencahayaannya yang redup atau warna tidak terang. Anda akan terganggu walaupun sudah memasang bohlam baru karena jalan tidak dapat terlihat jelas. 

  • Terjadinya Arus Pendek 

Penyebab lampu motor kadang nyala kadang mati yang selanjutnya adalah terjadinya arus pendek yang mengakibatkan konsleting. Salah satu tanda-tanda korsleting adalah lampu sering menyala dan mati. 

Arus pendek ini biasanya terjadi karena kabel yang mengelupas atau justru ada yang putus. Ketika Anda menggunakan jasa mekanik yang tidak kompeten, maka kerusakan ini dapat terjadi kapan saja. 

Seharusnya kabel disusun secara rapi setelah dipasang atau diperbaiki. Sehingga kabel tidak terlepas dari susunannya atau bahkan tertekuk. 

  • Rembesan Air pada Reflektor 

Banyak yang tidak sadar bahwa bagian kap lampu terbuka sehingga ketika hujan air merembes ke dalam. Padahal rembesan air inilah yang jadi biang kerok rusaknya reflektor. 

Ketika air masuk ke dalam fitting lampu, lama kelamaan reflektor menjadi kotor dan berkarat. Bukan hanya air tetapi juga suhu udara yang dingin dapat menimbulkan embun di dalam fitting lampu. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya