Tips & Trik

Banyak yang Gak Tahu, Ini Fungsi Setel Klep Motor

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Setel Klep

Klep motor adalah salah satu komponen motor yang tentu saja memiliki peran dalam mendukung performa kendaraan. Komponen ini sering disebut sebagai pengaman mesin kendaraan.

Adanya komponen ini sepertinya tidak di setiap jenis motor. Beberapa sumber lain menyatakan bahwa klep ini hanya terdapat pada mesin motor 4 tak. Tentu saja ini menandakan bahwa motor jenis 2 tak tidak membutuhkan klep untuk menunjang kinerjanya.

Fungsi Setel Klep Motor

Seperti yang telah disebutkan di atas, klep ini dimiliki oleh kendaraan 4 tak. Ini menandakan bahwa klep memiliki fungsi khusus. Hal tersebut menandakan bahwa setel klep dengan baik sangat perlu diperhatikan untuk menunjang performa kendaraan. Berikut sedikit gambaran mengenai fungsi setel klep motor ini.

  • Berperan Sebagai Sekat

Pada kendaraan bermotor tentu terjadi proses pembakaran. Saat kendaraan mulai melakukan kinerjanya dengan peran mesin, ada kepulan asap yang menunjukkan itu adalah buangan dari hasil pembakaran.

Baca Juga : Pengen Nyobain Main Drifting? Ini Spesifikasi Ban Yang Wajib Dipakai

Sebelum menuju ke knalpot yang bertugas membuang hasil pembakaran, terdapat klep yang berfungsi sebagai pemisah antara pintu ruang bakar dan udara keluar. Klep disini berfungsi sebagai pengendali sirkulasi agar tidak terjadi pencampuran zat yang dapat menimbulkan ketidaknormalan pada motor.

  • Memasukkan Material Pembakaran Diruang Bakar

Proses pembakaran tentu saja melibatkan sesuatu yang harus dibakar. Material yang akan dibakar ini akan disampaikan ke ruang bakar oleh klep. Adanya klep ini juga akan mengunci material yang akan dibakar di dalam ruang bakar, sehingga tidak terjadi kebocoran ketika proses pembakaran berlangsung.

  • Mengeluarkan Zat Sisa Pembakaran Dari Ruang Bakar

Fungsi lanjutan dari klep ini setelah memasukkan material ke ruang bakar dan menguncinya ketika pembakaran terjadi, maka tahap selanjutnya yang terjadi adalah pembuangan. Fungsi klep di sini adalah untuk mengeluarkan zat sisa atau zat buangan dari proses pembakaran dari ruang bakar.

fungsi_klep

Bagian-Bagian Klep

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya