Tips & Trik

Banyak yang Gak Tahu, Ini Fungsi Setel Klep Motor

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Setel Klep

Fungsi klep sangat kompleks sehingga perlu diperhatikan kondisinya. Bila menemukan sedikit saja kerusakan pada bagian tertentu klep, tindakan yang perlu dilakukan sebaiknya adalah membawanya ke bengkel resmi dan menggantinya.

Mengawasi kondisi pada bagian klep bisa dilakukan secara berkala. Namun, dalam hal ini, penting sekali untuk mengenali bagian klep sehingga akan mudah menemukan bagian mana saja yang yang mengalami kerusakan. Beberapa bagian klep motor yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

  • Batang Klep

Ada beberapa bagian dari klep yang dapat diamati secara langsung. Salah satunya adalah batang klep. Batang ini terlihat memiliki ukuran yang lebih panjang dari bagian lainnya. Bagian ini memiliki karakteristik warna yang transparan atau bening.

  • Daun Klep

Bagian klep selanjutnya adalah daun klep. Bagian daun katup terlihat melingkar dan menyatu pada bagian batang klep. Daun klep atau daun katup ini juga yang membantu melekatnya bagian permukaan gesek pada klep.

  • Permukaan Gesek

Baca Juga : Oli Mesin Motor Manual Dipakai Matic, Apa yang Terjadi?

Bagian permukaan gesek bisa disebut sebagai bagian yang memiliki peran penunjang utama yang mendukung fungsi klep. Permukaan gesek ini nantinya akan menentukan apakah katup mengalami kebocoran atau tidak. Ukuran inilah yang nantinya harus disesuaikan agar mudah menghindari kebocoran.

  • Pegas

Pada kondisi sedang tidak tertekan atau free, klep perlu ditahan agar tidak tertutup. Fungsi ini dapat dilakukan oleh salah satu komponen klep yang disebut dengan pegas.

  • Retainer

Bagian retainer adalah komponen yang terdapat dalam bagian dalam daun katup. Bagian ini akan mengunci retainer cap yang menempel pada batang katup sehingga tidak terlepas.

  • Retainer cap

Bagian terakhir dari komponen penyusun klep adalah retainer cap. Bagian ini adalah yang paling erat dengan permukaan gesek. Fungsi utamanya adalah sebagai dudukan yang terletak di atas katup yang menempel di batang klep.

Tanda Klep Motor Harus Disetel Ulang

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya