Tips & Trik

Apa Itu Freon AC pada Mobil, Fungsi, dan Jenisnya

PUBLISHED DATE : 23 November 2023

Reparasi Ac

 

Lalu muncul freon tipe R-134a yang saat ini cukup banyak digunakan. Jenis freon ini juga sering disebut hydro fluoro carbon dan memiliki kandungan chloro. Tipe inilah yang banyak digunakan pada kebanyakan mobil modern saat ini. 

Pemakaian freon ini tidak bisa digabungkan dengan jenis freon lain. Alasannya karena freon ini memiliki karakter yang berbeda. Jadi lebih aman jika freon tipe ini digunakan sendiri tanpa penggabungan. 

Namun perlu diketahui bahwa freon R-134a ini belum sepenuhnya aman digunakan. Freon ini masih bisa memicu terjadinya pemanasan global karena GWP (global warming potential) yang dimiliki masih cukup tinggi. 

 

  • Freon Hydrocarbon

 

Selanjutnya ada freon hydrocarbon yang terbuat dari bahan hidrogen dan karbon alami. Bahan yang digunakan ini merupakan pengganti refrigerant sintetis sehingga jauh lebih aman dan tidak merusak lapisan ozon. 

Bahan penyusun hydrocarbon ini juga memiliki tingkat GWP yang relatif rendah. Tidak heran jika jenis freon ini disebut-sebut paling aman dan banyak digunakan untuk mobil-mobil modern masa kini. 

Baca Juga : Gearbox: Mengenal Fungsi dan Cara Merawatnya

Karakter freon AC mobil ini mirip dengan freon sintetis sebelumnya. Namun freon ini cenderung lebih mudah terbakar jadi butuh perawatan khusus. Jadi pastikan Anda memperhatikan aspek perawatannya dengan baik.

Ciri Freon AC Sudah Habis

Freon merupakan komponen penting yang akan mendukung kerja AC. Jika freon AC habis maka harus segera diisi yang baru agar AC kembali bekerja normal. Anda harus tahu apa saja ciri yang menunjukkan freon AC habis. 

Freon AC mobil sebenarnya butuh waktu lama untuk habis. Namun bisa saja lebih cepat jika terjadi kebocoran. Berikut ini beberapa ciri yang bisa Anda kenali saat freon AC habis:

 

  • Hanya Keluar Angin dari AC

 

Ciri pertama yaitu AC mobil Anda hanya mengeluarkan angin dan tidak terasa dingin. Jika freon masih ada dan bekerja optimal maka AC akan mengeluarkan angin yang disertai udara dingin. 

Saat freon habis, AC masih akan bekerja dan menyala. Kipas pendingin juga akan menyala, namun hanya angin yang keluar dan rasanya cenderung hangat. Bahkan meskipun Anda sudah mengatur suhu AC ke paling rendah. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya