Tips & Trik

Apa Itu Freon AC pada Mobil, Fungsi, dan Jenisnya

PUBLISHED DATE : 23 November 2023

Reparasi Ac

Freon itu sendiri tidak memiliki warna dan bau. Secara mudahnya, freon ini merupakan cairan yang akan menyerap panas lalu menghasilkan udara yang dingin untuk dikeluarkan. 

Cara kerja freon AC mobil dimulai ketika udara masuk ke evaporator. Udara tersebut akan disaring dan terkena freon sehingga keluar dengan suhu yang jauh lebih dingin. Udara ini nantinya akan dihembuskan keluar oleh kompresor. 

Saat freon sudah tidak bisa digunakan kembali, maka udara yang ditekan oleh kompresor nanti akan tetap panas. Inilah kondisi dimana Anda harus segera mengganti freon agar AC kembali menghasilkan udara dingin. 

Jenis Freon AC

Ada beberapa jenis freon yang mendukung kerja sistem AC. Pastikan Anda memahami jenis-jenisnya agar tidak salah saat melakukan pengisian freon. Berikut ini beberapa jenis freon yang biasa digunakan pada AC mobil:

 

  • Freon R-12

 

Pertama ada jenis freon R-12 atau freon chloro fluoro carbon yang banyak sekali dipakai pada jenis mobil tahun 80-an hingga 90-an. Freon ini terdiri dari bahan penyusun ethane dan methane

Sayangnya jenis freon ini kurang ramah lingkungan karena bahan penyusunnya tadi memiliki dampak buruk bagi lapisan ozon di bumi. Tidak heran jika jenis freon ini sudah tidak digunakan lagi pada mobil tipe baru. 

Baca Juga : Aki Kering dan Aki Basah, Mana yang Lebih Awet?

Freon tipe ini tidak memiliki warna dan mudah terbakar. Selain itu harganya juga sangat terjangkau dan memiliki kandungan chlor yang sangat berbahaya bagi lingkungan sehingga harus dihindari. 

 

  • Freon R-22

 

Selanjutnya ada freon AC mobil R-22 yang menjadi pengganti dari freon sebelumnya. Freon ini banyak digunakan pada mobil di tahun 90-an dan masuk kategori hydro chloro fluoro carbon dan masih bisa menimbulkan kerusakan lapisan ozon. 

Jenis freon ini memiliki dielektrik yang cukup besar dan tidak menimbulkan karat. Meskipun masih berbahaya bagi lapisan ozon namun kerusakan yang ditimbulkan cenderung kecil. 

Freon R-22 memang masih digunakan namun harus dengan pengawasan yang ketat. Selain itu tipe freon ini juga tidak boleh dipakai secara berlebihan mengingat masih ada bahan penyusun yang berbahaya. 

 

  • Freon R-134a

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya